Usai Salat Subuh ke WC, Dua Orang Jemaah Masjid di Agam Meninggal Dunia Tertimbun Longsor

"Mereka tertimpa material longsor yang menimpa masjid itu."

Dwi Bowo Raharjo
Sabtu, 25 Maret 2023 | 14:14 WIB
Usai Salat Subuh ke WC, Dua Orang Jemaah Masjid di Agam Meninggal Dunia Tertimbun Longsor
Masjid Nurul Iklas di Kampuang Baruah, Jorong Gantiang, Nagari Sungai Landia, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, longsor. Dua jemaah masjid usai salat jumat menjadi korban meninggal dunia. (Antara)

Suara.com - Masjid Nurul Iklas di Kampuang Baruah, Jorong Gantiang, Nagari Sungai Landia, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, longsor. Dua jemaah meninggal dunia tertimbun longsor saat berada dalam WC masjid, Sabtu (25/3/2023) sekitar pukul 06.15 WIB.

"Satu orang ditemukan meninggal dunia di lokasi dan satu lagi kritis namun akhirnya meninggal dunia saat sampai di Puskesmas," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPD) Kabupaten Agam Bambang Warsito di Lubukbasung, Sabtu.

"Mereka tertimpa material longsor yang menimpa masjid itu," Bambang menambahkan.

Bambang menerangkan korban pertama bernama Yanti (45) yang ditemukan tim gabungan beserta warga sekitar sekitar pukul 07.40 WIB.

"Korban ditemukan dalam kondisi meninggal dunia dan langsung dibawa ke rumah duka untuk disemayamkan. Pemakaman menunggu pihak keluarganya," katanya.

Baca Juga:Banjir dan Longsor Landa Way Lima Pesawaran, Puluhan Rumah Rusak

Sedangkan korban kedua adalah Darliana (70). Saat ditemukan korban langsung dievakuasi ke Puskesmas Ampekkoto pada pukul 06.45 WIB.

Namun sesampai di Puskesmas, korban menghembuskan nafas terakhir dan saat ini korban dimakamkan di pemakaman kaumnya.

Lebih lanjut Bambang menuturkan, tanah longsor menimpa WC masjid setelah amblas bahu jalan sepanjang 15 meter akibat curah hujan cukup tinggi melanda daerah itu.

Saat terjadi longsor, dua warga yang merupakan jamaah shalat subuh sedang berada di dalam WC tersebut.

Warga yang mengetahui korban ada di lokasi langsung mencoba untuk memberikan pertolongan kepada korban dan hanya mengevakuasi Darliana.

Sementara satu korban lainnya tidak kunjung ditemukan, sehingga warga melaporkan kejadian tersebut ke BPBD setempat pada pukul 07.20 WIB.

Lokasi dua warga tertimbun meterial longsor di Agam. [Suara.com/istimewa]
Lokasi dua warga tertimbun meterial longsor di Agam. [Suara.com/istimewa]

"Mendapatkan laporan itu, saya mengerahkan anggota Satgas BPBD untuk mencari korban," katanya.

Curah hujan yang cukup tinggi kata Bambang, juga mengakibatkan pohon tumbang di Malabua, Nagari Bawan, Kecamatan Ampeknagari.

Setelah itu pohon tumbang menimpa teras rumah Feri (47) warga Sungai Jariang, Nagari Lubukbasung, Kecamatan Lubukbasung. (Antara)

Baca Juga:Akses Jalan Gununghalu Bandung Barat Kembali dapat Dilalui Kendaraan Pasca Diterjang Longsor

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

NEWS

TERKINI