Habibah Binti Saleh Calon Jamaah Haji Kloter 12 Asal Langkat Meninggal di Asrama Haji Medan

"Calon haji asal Kabupaten Langkat meninggal dunia, sebelum makan di ruang kantin Bir Ali, Asrama Haji Medan, sekitar pukul 14.00 WIB," kata Yunus.

Erick Tanjung
Senin, 05 Juni 2023 | 00:05 WIB
Habibah Binti Saleh Calon Jamaah Haji Kloter 12 Asal Langkat Meninggal di Asrama Haji Medan
Ilustrasi jamaah calon haji. [Suara.com/Alfian Winanto]

Suara.com - Seorang calon haji dari Kloter 12 Embarkasi Medan asal Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, meninggal dunia di Asrama Haji Medan, Minggu (4/6/2023).

Calon haji itu atas nama Habibah Binti Saleh (59) nomor manifest 069 yang beralamat Dusun I, Klambir V, Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

"Ya, benar seorang calon haji asal Kabupaten Langkat meninggal dunia, sebelum makan di ruang kantin Bir Ali, Asrama Haji Medan, sekitar pukul 14.00 WIB," kata Humas Haji Embarkasi Medan, M Yunus saat dikonfirmasi.

Yunus menyebutkan keterangan dari dokter kesehatan Kloter 12 Embarkasi Medan Muhammad Rifai Barus Bin Mahmudin Barus, calon haji Habibah diduga mengalami serangan jantung.

Baca Juga:1204 Warga Banyumas Berangkat Haji

Sekarang petugas sedang menunggu keluarga calon haji Habibah untuk menjemputnya, dan sekarang berada di Poliklinik Asrama Haji Medan.

"Dari seluruh calon haji, baru pertama kali calon haji tahun 1444 H, meninggal dunia di Asrama Haji Embarkasi Medan," ujarnya.

Sebanyak 359 calon haji yang tergabung pada kelompok terbang atau Kloter 12 asal Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, berangkat ke Kota Madinah, dari Asrama Haji Medan, Minggu.

Dari 359 jumlah calon haji pada Kloter 12 Embarkasi Medan, seluruhnya berasal dari Kabupaten Langkat, dan tidak ada bergabung dengan calon haji dari kabupaten/kota lainnya di Sumatera Utara.

"Calon haji pada Kloter 12 ini, mendapat panggilan dari Allah SWT untuk melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci Mekkah," kata Kakanwil Kemenag Sumut H Ahmad Qosbi Nasution, dalam sambutannya ketika memberangkatkan calon haji Kloter 12 ke Madinah.

Baca Juga:Kamaruddin Simanjuntak Pengacara Keluarga Brigadir J Kini Tangani Kasus Misteri Kematian Bripka AS

Qosbi menyebutkan calon haji yang berangkat ke tanah suci merupakan suatu kebanggaan dan jangan sampai disia-siakan, serta tidak khusyuk dalam melaksanakan ibadah haji.

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

NEWS

TERKINI