Setir Mobil Berat? Waspadai 3 Faktor Ini

Liberty Jemadu | Deni Yuliansari
Setir Mobil Berat? Waspadai 3 Faktor Ini
Ilustrasi kemudi atau setir mobil (Shutterstock).

Bisa memicu risiko kecelakaan.

Suara.com - Kemudi atau setir mobil yang berat tentu akan membuat pengemudi kesulitan mengendalikan kendaraannya. Ini bisa membahayakan terutama jika sedang dalam perjalanan jauh, seperti mudik Lebaran yang sedang berlangsung saat ini.

Tetapi masalah pada kemudi mobil biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti ban yang tak sempurna dan gangguan pada sistem steering. Berikut ini tiga faktor yang perlu Anda waspadai terkait masalah pada kemudi, sebelum melaju bersama kendaraan Anda:

1. Tekanan angin pada ban kurang
Tekanan angin yang kurang pada ban membuat lingkar kemudi jadi berat. Hal ini sama kasusnya dengan ban botak yang membuat gesekan antara aspal dengan ban menjadi tidak sempurna.

2. Kerusakan pada sistem streering
Pada mobil non elektrik, power steering juga bisa menjadi penyebab lingkar kemudi menjadi berat. Perbaikannya bisa dilakukan dengan mengganti pompa atau memeriksa sistem minyak apakah bocor atau tidak. Sedangkan untuk mobil elektrik, bisa dilakukan pemeriksaan pada sistem sekring untuk power steering.

3. Tingkat keselarasan roda
Faktor ini juga memengaruhi gerak lingkar kemudi. Jika roda tidak selaras antara kanan dan kiri, makan roda akan menarik ke salah satu bagian sisi sehingga membuat kemudi terasa lebih berat. Keselarasan ini juga berkaitan dengan kaki-kaki. Jika ada yang tidak beres juga berdampak pada putaran lingkar kemudi. (Toyota Astra Motor)

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS