Crossover MPV Baru Mitsubishi Akan Mampu Saingi Duo Calya-Sigra

Liberty Jemadu | Insan Akbar Krisnamusi
Crossover MPV Baru Mitsubishi Akan Mampu Saingi Duo Calya-Sigra
Ilustrasi ruang kemudi mobil Mitsubishi (Shutterstock).

Memadukan SUV dan MPV.

Suara.com - Mitsubishi optimistis mobil tipe small multi purpose vehicle (SMPV) yang akan diluncurkannya pada 2017 mendatang tak akan kalah pamor dari mobil-mobil murah ramah lingkungan (Low Cost Green Car/LCGC) tujuh penumpang yang mulai menarik perhatian pasar di pertengahan tahun ini.

Seperti yang diberitakan sebelumnya Mitsubishi akan meluncurkan SMPV pertamanya pada 2017. Mobil yang akan dipamerkan sebagai konsep XM di arena GIIAS 2016 itu akan bersaing dengan raja pasar seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan Honda Mobilio.

Tetapi pada pekan lalu Toyota dan Daihatsu meluncurkan Calya dan Sigra, LCGC tujuh penumpang dengan kapasitas mesin sekitar 1.200 cc. Munculnya dua pesaing Datsun GO+ itu diperkirakan akan menggerus pasar SMPV seperti Avanza, Xenia, Mobilio, dan termasuk jagoan baru Mitsubishi kelak.

Baik Daihatsu maupun Toyota mengakui kemungkinan konsumen LMPV berbanderol Rp150-200 jutaan seperti Avanza dan Mobilio akan beralih ke segmen Calya atau Sigra yang dijual dengan harga lebih murah.

Tetapi Mitsubishi di sisi lain justru yakin jagoan barunya nanti akan menghidupkan lagi pasar SMPV. Apa alasannya?

"Mitsubishi sangat kuat selama ini di produk-produk SUV sehingga kekuatan tersebut ingin diaplikasikan untuk model kendaraan penumpang baru kami nanti," kata Chairman and President, CEO Mitsubishi Motors Corporation (MMC) Osamu Masuko di Jakarta, Rabu (10/8/2016).

"Dengan meluncurkan crossover MPV beserta seluruh fitur-fitur di dalamnya kami yakin produk ini bisa berkompetisi dengan kuat di pasar Indonesia," sambung Masuko.

Pada kesempatan berbeda di Bali beberapa waktu lalu, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motor, agen pemegang merek Mitsubishi di Indonesia, sempat menjelaskan target penjualan untuk MPV yang akan diproduksi pada Oktober 2017 itu mencapai 5.000 unit per bulan. Jumlah ini lebih besar ketimbang target Sigra yang 2.000-3.000 per bulan namun masih lebih kecil dari target Calya yaitu 8.000 per bulan.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS