Mitsubishi Klaim 16.000 Orang Tertarik Beli Calon Pesaing Avanza

Liberty Jemadu | Insan Akbar Krisnamusi
Mitsubishi Klaim 16.000 Orang Tertarik Beli Calon Pesaing Avanza
Mobil Mitsubishi XM Concept dipajang di perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017, JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (28/4/2017). [Suara.com/Oke Atmaja]

"Tolong dicatat, pemesanan resmi dari MMKSI belum."

Suara.com - Mitsubishi mengklaim telah mendata 16.000 orang tertarik membeli calon pesaing Toyota Avanza yang akan mereka luncurkan pada Agustus nanti. Orang-orang itu menjadi konsumen potensial yang akan dihubungi setiap ada informasi perihal kendaraan di kelas low multi purpose vehicle (LMPV) tersebut.

Mitsubishi sudah memastikan bahwa LMPV mereka bakal meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, 10-20 Agustus di Indonesia Convention Exhibition, Serpong, Tangerang. Mitsubishi sendiri sudah membawa versi purwarupanya yaitu XM Concept, yang pertama kali dipamerkan di GIIAS 2016, berkeliling kota-kota besar Indonesia.

Head of Sales and Marketing Group PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Imam Choeru Cahya, mengatakan bahwa 'tur' XM Concept ini merupakan strategi agresif untuk mengabarkan kehadiran LMPV Mitsubishi kelak. Melalui tur itu, pabrikan asal Jepang ini juga ingin memperlihatkan perkiraan rupa LMPV mereka yang diklaim tak akan jauh berbeda.

Dari setiap tur, Mitsubishi mendata calon kosumen potensial.

"Bulan kemarin (Juni) sudah lebih dari 16.000 orang dan tentunya ini akan terus bertambah. Jadi pastinya diler-diler kami sudah pegang data dengan harapan saat ada perkembangan informasi berkaitan LMPV ini, diler kami mudah menginformasikan ke konsumen potensial," kata Imam di sela-sela peluncuran Outlander Sport Action, juga Dakar 4x2 dan 4x4 rakitan lokal pada Rabu (12/7/2017) di Jakarta.

Imam lalu kembali menegaskan kalau data tersebut bukanlah pemesanan resmi, atau yang biasa disebut sebagai surat pemesanan kendaraan (SPK).

"Tolong dicatat, pemesanan resmi dari MMKSI belum. Karena kami tak ingin mereka membeli kucing dalam karung. Kami sadar kalau membuka inden harus menginformasikan jumlah varian, harga masing-masing varian, dan warna sehingga pembeli dapat memutuskan membeli yang mana dan menyimpan uangnya (ke diler)," papar dia.

Meski demikian, ia tak memungkiri ada saja diler Mitsubishi yang telah menerima uang tanda jadi. Hal ini antara lain karena ada konsumen yang benar-benar ingin menjadi salah satu pemilik pertama.

"Mau tak mau (diler menerima). Tapi secara resmi dari MMKSI tidak ada," sambung Imam.

Mitsubishi masih belum banyak memberikan detail LMPV mereka. Beberapa hal yang sudah dibuka di antaranya ialah kapasitas mesin bensinnya yang 1.5 l, produksinya yang dijadwalkan pada Oktober di pabrik baru Mitsubishi di Cikarang, Bekasi.

Belakangan, beredar isu yang mengatakan nama LMPV Mitsubishi ialah Expander. Namun, pabrikan ini menolak memberikan komentar.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS