Cek Hal Berikut Sebelum Liburan dengan Mobil Pribadi

Angelina Donna
Cek Hal Berikut Sebelum Liburan dengan Mobil Pribadi

Pastikan angin ban mobil yang akan membawa kita memenuhi tekanan standar penggunaan.

Suara.com -
Sebelum kita memutuskan bepergian dengan mobil pribadi, ada baiknya kita melakukan cek dan recheck hal-hal yang harus kita persiapkan sebelumnya. Persiapan yang menyeluruh terhadap kondisi kendaraan kita dan kondisi fisik dan juga masalah-masalah eksternal yang harus kita persiapkan.

Diperlukan kesiapan yang baik untuk kita apabila kita berangkat menggunakan kendaraan pribadi. Berikut persiapan yang harus Anda lakukan:

Cek Air Radiator
Perjalanan jauh akan memakan waktu yang panjang dan melelahkan, begitu juga dengan kondisi kendaraan kita. Lakukan pengecekan sebelum kita berangkat. Yang harus kita cek untuk pertama kali adalah air pada radiator, perjalanan yang jauh tentunya akan membuat mesin menyala dalam jangka waktu yang lama. Jadi dapat menimbulkan panas pada mesin.

Pendingin pada mesin kendaraan bermotor adalah radiator yang memutar sirkulasi dengan air pada suhu mesin. Cobalah cek apakah air di radiator kita sudah terisi sesuai dengan batas bawah dari air yang dibutuhkan. Persiapkan air di botol besar, beberapa botol untuk pengisisan radiator apabila sewaktu-waktu diperlukan.

Pastikan Angin Ban Mobil Cukup
Pastikan angin ban mobil yang akan membawa kita memenuhi tekanan standar penggunaan. Selain membantu agar bahan bakar tidak boros, melakukan cek pada tekanan ban akan membantu kita untuk terhindar dari ban kempes akibat tekanan. Tetapi cara ini tidak menghindari ban kempes yang diakibatkan permasalahan ekternal seperti paku atau jalan yang tidak rata sehingga membuat ban mobil menjadi bocor.

Isi Penuh Bahan Bakar
Sebaiknya, kita mengisi bahan bakar dalam kondisi penuh. Dalam perjalanan jauh, letak dari tempat pengisian bahan bakar tidak menentu. Apabila kita mengisi bahan bakar dalam kondisi penuh, akan membantu kita terhindar dari kehabisan bahan bakar. Namun, jangan menyimpan bahan bakar pada kendaraan, hal ini dapat mengakibatkan rawan terhadap kebakaran dan membahayakan kita di jalan.

Kita dapat memperkirakan memperkirakan kapan kita akan mengisi bahan bakar ketika jarum penunjuk pada bahan bakar menunjukkan posisi mendekati kosong. Jangan pernah mengambil risiko akan pengisian bahan bakar karena pada perjalanan luar kota jumlah SPBU tidak bisa diprediksi letak dan kesediaan bahan bakarnya.

Lengkapi Perjalanan dengan Peta Digital
Pada era digital saat ini, kita dapat menggunakan Global Positioning System (GPS) untuk membantu kita dalam menemukan arah dan jalan. Untuk itu, pastikan teknologi canggih tersebut sudah menemani perjalanan kita. Pastikan jumlah pulsa pada handphone kita cukup sehingga komunikasi yang kita perlukan tidak terputus dan tetap bisa mengakses peta digital.

Pilih Operator Telepon Seluler yang Memiliki Jaringan Luas
Pilihlah operator seluler yang mempunyai jangkauan yang terluas. Baik dalam layanan suara ataupun layanan data. Usahakan untuk menggunakan lebih dari satu operator karena jumlah pemancar dan jangkauan setiap operator beragam. Menyiapkan dua operator akan lebih aman untuk perjalanan kita karena komunikasi kita tidak terputus.

Miliki Asuransi
Untuk keselamatan perjalanan kita, pastikan kita telah mendaftarkan kendaraan kita dan diri kita pada layanan asuransi. Asuransi ini sangat berguna apabila kita menghadapi hal-hal yang tidak diinginkan di jalan, mengingat kejadian di jalan tidak bisa kita prediksi sebelumnya. Banyak hal bisa terjadi di jalan. Oleh karena itu, asuransi sangatlah dibutuhkan untuk kita.

Persiapan Matang Membuat Perjalanan Nyaman
Mempersiapkan segala sesuatunya untuk kenyamanan dan keamanan adalah sesuatu yang harus. Jangan sampai perjalanan kita terganggu karena sesuatu yang tidak kita antisipasi sebelumnya. Kita dapat menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan agar perjalanan kita menjadi lebih aman dan nyaman.

Baca juga artikel Cermati lainnya:

Alasan Kenapa Lebih Baik Punya Rumah Sendiri daripada Ngontrak Terus

Alasan Deposito Tetap Menarik Meski Bunga Turun

Klaim Asuransi Dibuat Susah, BMAI Siap Membantu

Published by

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS