Lexus dengan Fitur Swakemudi Level 4 Bakal Meluncur pada 2020

Dythia Novianty | Insan Akbar Krisnamusi
Lexus dengan Fitur Swakemudi Level 4 Bakal Meluncur pada 2020
Logo Lexus. [Shutterstock]

Toyota bakal membenamkan fitur swakemudi level 4 pada merek premium mereka.

Suara.com - Toyota bakal membenamkan fitur swakemudi level 4 pada merek premium mereka terlebih dahulu, Lexus. Adapun waktu peluncuran model Lexus dengan teknologi tersebut ialah pada 2020.

Lexus berfitur swakemudi level 4, seperti diwartakan Carscoops, Rabu (1/11/2017), akan menyapa pasar pada semester pertama 2020. Setelah itu, barulah teknologi itu diaplikasikan pada mobil-mobil berbanderol relatif lebih murah milik Toyota secara bertahap.

Toyota mendahulukan merek premium mereka untuk fitur swakemudi level 4 karena ongkos produksi yang tinggi. Dengan biaya yang besar, harga jualnya pun pastinya bakal mahal.

"Fitur itu membutuhkan sensor yang yang mampu 'melihat' dalam jarak jauh plus komputer beperforma sangat mumpuni yang sangat mahal," kata Executive General Manager for Autonomous Driving Toyota Motor Corporation, Ken Koibuchi.

Alasan lain yang dikemukakan oleh pabrikan ini adalah soal keamanan. Toyota mengaku, lebih memilih untuk mengaplikasikan terlebih dahulu fitur-fitur keamanan yang lebih mendasar pada mobil-mobil produksi massal mereka, seperti Lane-trace Assist dan sistem yang mencegah salah injak pedal.

Toyota sendiri memiliki kebiasaan untuk mengembangkan dan meluncurkan kendaraan dengan fitur swakemudi terlebih dahulu di Jepang. Setelah itu, barulah mereka memperkenalkannya di negara-negara lain terutama Amerika Serikat.

Salah satu contohnya ialah All-New Lexus LX yang memiliki beragam fitur otomatisasi kendaraan semisal Lane-change assist serta the Lane Tracing.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS