Toyota Segera Luncurkan Mobil yang Bisa Saling Berkomunikasi

Liberty Jemadu
Toyota Segera Luncurkan Mobil yang Bisa Saling Berkomunikasi
Logo Toyota. [Shutterstock]

Teknologi Toyota ini diyakini bisa mencegah kecelakaan.

Suara.com - Toyota berencana mulai melengkapi mobil-mobilnya dengan sebuah teknologi yang memungkinkan kendaraan berkomunikasi satu sama lain mulai 2021. Perusahaan Jepang itu berencana menambahkan fitur itu ke semua mobilnya di Amerika Serikat pada pertengahan dekade 2020.

Teknologi yang dikenal sebagai vehicle-to-vehicle communication (V2V Communication) merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan mobil-mobil saling bertukar informasi real time secara nirkabel.

Informasi yang ditukar itu antara lain soal lokasi dan kecepatan, sehingga pada akhirnya bisa mencegah terjadinya kecelakaan.

Wakil Presiden bidang Perencanaan Produk Toyota, Andrew Coetzee mengatakan mobil-mobil itu akan memanfaatkan frekuensi khusus yang telah disediakan oleh pemerintah AS untuk teknologi V2V Communication. Mobil-mobil Toyota sendiri bisa mengirim sinyal sejauh 300 meter.

Toyota sudah menerapkan teknologi ini di Jepang sejak 2015 dan sebanyak lebih dari 100.000 mobil telah dilengkapi oleh fitur ini.

AS sendiri pada 2016 lalu telah mewajibkan semua pabrikan memasang teknologi V2V Communication pada produk-produk mereka. Para produsen diberi waktu empat tahun untuk memenuhi aturan tersebut.

Sejak 1999 silam, AS telah menyediakan pita frekuensi 5,9GHz untuk digunakan oleh teknologi komunikasi vehicle-to-vehicle serta komunikasi vehicle-to-insfrastructure". Tetapi sejak itu, frekuensi tersebut belum banyak dimanfaatkan. (AFP/Reuters)

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS