Kendaraan Toyota Siap Telan BBM B20

Ade Indra Kusuma | Manuel Jeghesta Nainggolan
Kendaraan Toyota Siap Telan BBM B20
Ilustrasi pengisian bahan bakar. (Shutterstock)

Kendaraan Toyota siap menggunakan bahan bakar bauran 20% minyak nabati (B20).

Suara.com - PT. Toyota Astra Motor (TAM) menegaskan kendaraan Toyota siap menggunakan bahan bakar bauran 20% minyak nabati ( B20 ). Catatannya, bahan bakar B20 yang disediakan di SPBU harus sesuai standar kriteria B20.

Vice President Director PT. Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto mengatakan, untuk kendaraan Toyota bermesin diesel tidak ada masalah dalam menggunakan bahan bakar B20.

"B20 kami mendukung dan kami juga enggak ada masalah untuk mengikuti aturan itu. Kami dukung program pemerintah," ujar Henry di JIExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Sabtu (8/9/2018).

Lebih lanjut, Henry mengatakan, untuk urusan spesifikasi dan mesin tidak ada masalah. Jadi Toyota hanya mengikuti saja apa yang akan ditetapkan pemerintah.

"Tinggal bahan bakarnya aja. Selama kriteria bahan bakar sesuai dengan yang ditentukan pemerintah kami enggak ada masalah," kata Henry.

Sebagai informasi,  pemerintah secara resmi telah merilis program penggunaan B20 mulai awal bulan ini, baik di sektor yang disubsidi (public service obligation/PSO) maupun non-subsidi (non-PSO).

Penggunaan B20 bertujuan mengurangi impor minyak sekaligus meningkatkan harga dan penyerapan minyak sawit di pasar domestik. Pemerintah mengklaim penggunaan B20 mampu menghemat US$5 miliar hingga US$6 miliar per tahun.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS