Keren, Ada Teknologi Airbag buat Sepeda Motor

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Keren, Ada Teknologi Airbag buat Sepeda Motor
Airbag motor. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Tak sebatas mobil, motor pun siap tampil makin safety dengan airbag teknologi khusus.

Suara.com - Fitur keselamatan airbag lebih identik dengan kendaraan roda empat ( R4 ) dibandingkan roda dua ( R2 ). Sehingga bila ditelaah kondisinya berbanding terbalik. Bahkan saat airbag multi-crashed telah ditemukan untuk R4, di sektor R2 sangat terasa masih minim fitur keselamatan.

Akan tetapi, teknologi keamanan airbag R2 kini telah berhasil dikembangkan. Tentu saja hal ini sebuah kabar bagus, yang sangat membantu bila terjadi tabrakan.

Dikutip dari Airbagforbike, kantong penyelamat nyawa ini beroperasi berdasarkan sensor. Akan bekerja jika sepeda motor melaju dalam kecepatan tertentu, serta kehilangan keseimbangan.

Menariknya, airbag pada sepeda motor ini tidak hanya melindungi bagian depan pengendara seperti cara kerja airbag pada mobil. Namun hampir seluruh bagian tubuh pengendara. Hasil penampakannya adalah pengendara akan terbungkus layaknya tengah memakai sleeping bag. Atau bahkan kepompong.

Meski terlihat sangat aman, namun saat airbag mengembang dan seluruh tubuh pengendara terbungkus kantong ini, belum diketahui pasti cara mereka melepaskan diri dari dalam wadah penyelamat yang telah membebatnya sedemikian rupa.

Sebelumnya teknologi airbag juga pernah dikembangkan perusahaan teknologi keamanan, namun perangkat tersebut bekerja hanya di kisaran jaket saja. Bahkan ada beberapa model sepeda motor yang memang sudah ditanamkan airbag sebagai salah satu fitur penunjang keselamatan.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS