Catat! Ini Pentingnya Merawat Ban Cadangan Mobil

Ririn Indriani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Catat! Ini Pentingnya Merawat Ban Cadangan Mobil
Ilustrasi merawat ban cadangan mobil sangat penting. (Freedigitalphotos.net/Graphics Mouse)

Dalam kondisi darurat, fungsi ban cadangan sangat penting, jadi jangan dianggap sepele.

Suara.com - Ini Pentingnya Merawat Ban Cadangan Mobil.

Ban cadangan menjadi salah satu komponen yang kurang diperhatikan oleh pemilik mobil.

Padahal dalam kondisi darurat, fungsi ban cadangan sangatlah penting, sehingga harus dipastikan bila ban cadangan pada mobil harus dalam kondisi baik. Kemudian bagaimana cara merawatnya dan apakah membutuhkan perawatan serupa seperti ban yang digunakan sehari-hari.

Deni Adrian, Kepala Bengkel Auto2000 Cibinong menjelaskan, merawat ban cadangan sangat mudah karena tidak ada perlakuan khusus.

Pemilik mobil hanya diminta untuk rajin mengecek kondisi ban cadangan yang ada di bagian belakang atau kolong mobil setiap dua minggu sekali.

"Pastikan saja kondisi bannya yang utama masih layak pakai, kembanganya masih bagus, tidak mengalami masalah seperti bocor, atau tekanan udara kurang," ungkap Deni, dikutip dari laman Auto2000, Sabtu (9/3/2019).

Ilustrasi lelaki mengganti ban mobil dengan ban cadangan. [Shutterstock]
Ilustrasi lelaki mengganti ban mobil dengan ban cadangan. [Shutterstock]

Selain itu yang juga harus diperhatikan oleh pemilik mobil, yaitu ketika mengisi udara dipastikan berbeda dengan ban yang dipakai di mobil.

Dalam artian tekanan udaranya dilebihkan sekitar 5 psi. Sebab, jika lama tidak digunakan dan tekanannya berkurang, tidak terlalu besar turunnya atau bahkan sampai habis total.

"Tekanan udara cenderung berkurang lantaran tersimpan dalam jangka waktu lama. Saat akan digunakan, tekanan udara bisa disesuaikan dengan ketiga ban yang lainnya. Ini mengurangi risiko ban serep kempes karena lama tidak terpakai," kata Deni.

Langkah terakhir, jangan lupa juga untuk selalu membersihkan ban serep seperti mencuci atau dilap agar tetap dalam kondisi bersih.

Hal ini tentu ada fungsinya, yaitu salah satunya untuk tetap menjaga elastisitas ban selama tersimpan. Selain untuk menjaga kebersihan area penyimpanan ban cadangan.

Kini Anda tahu 'kan mengapa merawat ban cadangan mobil sangat penting, dan jangan disepelekan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS