Terkuak: Biaya Servis Kendaraan Listrik Ternyata Lebih Murah!

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Terkuak: Biaya Servis Kendaraan Listrik Ternyata Lebih Murah!
Mobil listrik Nissan Leaf dipamerkan di Brussels, Belgia pada 18 Januari 2019 [Shutterstock].

Lima tahun lagi, mobil listrik atau mobtrik bakal setara dengan mobil konvensional.

Suara.com - Kendaraan listrik terus dikembangkan sebagai tunggangan masa depan. Namun sebuah pertanyaan masih menggantung di kepala: apakah benar kendaraan listrik alias mobil listrik atau mobtrik akan lebih ekonomis dibanding kendaraan konvensional?

Sebuah penelitian baru-baru ini memprediksi, bahwa kendaraan listrik baru akan menemui kesetaraan harga dengan mobil konvensional pada 2024. Bahkan beberapa operator armada menilai, armada listrik dalam jumlah besar akan lebih efektif dibandingkan dengan kendaraan bermesin bensin.

Berdasarkan data Quartz, kendaraan listrik memiliki biaya perawatan yang lebih rendah. Walaupun biaya awal memang cukup besar. Maka tak heran bila pemerintah Kota New York, Amerika Serikat (AS) telah menambah sejumlah armada kendaraan listrik.

Sedan Ford Fusion Hybrid akan digunakan Ford untuk menguji sistem autokemudinya di Amerika Serikat (Shutterstock).
Sedan Ford Fusion Hybrid akan digunakan Ford untuk menguji sistem autokemudinya di Amerika Serikat [Shutterstock].

"Saat ini, biaya servis dengan model kendaraan all-electric jauh lebih murah dibandingkan dengan model mesin internal, atau bahkan plug-in gas dan hybrid," tulis Buletin Armada Kota New York, dikutip dari Carscoops, Senin (25/3/2019).

Dalam paparan itu juga ditambahkan, bahwa selain biaya perawatan jauh lebih rendah, biaya pengisian daya juga lebih hemat. Sebagai perbandingan, pengisian daya mobil listrik Nissan Leaf sebesar 32.580 dolar AS atau sekitar Rp 464 juta dalam sembilan tahun. Sementara Ford Fusion, biaya bahan bakarnya mencapai 41.328 dolar AS dalam periode yang sama.

"Semua indikator awal adalah kami mencapai manfaat dari transisi mesin pembakaran internal ke motor listrik," terangnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS