Setelah Pabrik Perakitan, DFSK Siapkan Pabrik Mesin di Cikande

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Setelah Pabrik Perakitan, DFSK Siapkan Pabrik Mesin di Cikande
Pembukaan dealer DFSK di Kota Medan. Sebagai ilustrasi semakin banyaknya produk DFSK dipasarkan [DFSK].

Tekad DSFK menjadikan produk total buatan Indonesia, dengan lokasi base production di Provinsi Banten.

Suara.com - PT Sokonindo Automobile, Agen Pemegang Merek (APM) dari produsen otomotif China, Dong Feng Sokon (DFSK) berencana membangun pabrik mesin dan transmisi di lokasi yang sama dengan pabrik perakitan mobil DFSK di Cikande,Kabupaten Serang, Provinsi Banten.

Dipasarkan senilai Rp 189 juta, inilah penampilan DFSK Glory 560 di IIMS 2019 [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].
Dipasarkan senilai Rp 189 juta, inilah penampilan DFSK Glory 560 di IIMS 2019. Sebagai ilustrasi produk DFSK [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

"DFSK sudah melakukan investasi 150 juta dolar di pabrik Cikande. Satu lagi kami melakukan persiapan untuk membangun pabrik mesin di Indonesia," ujar Pratama Islam, General Manager of Public Relation PT Sokonindo Automobile, di Jakarta, Jumat (12/7/2019).

Ia menambahkan, DFSK masuk ke Indonesia akan melewati tiga tahapan, berakar di Indonesia, memasarkan di Asia Tenggara dan distribusi ke seluruh dunia.

"Kami akan melakukan investasi jangka panjang dan menjadikan Indonesia sebagai base produksi produk DFSK," kata lelaki yang akrab disapa Arta ini.

Sebelumnya, CO-CEO Sokoindo Automobile, Alexander Barus, memaparkan bahwa pembangunan pabrik mesin akan dilakukan dalam waktu dekat.

Pembangunan pabrik mesin diharapkan akan meningkatkan komponen lokal (TKDN) DFSK yang masih berkisar antara 20 - 30 persen.

"Saya ingin agar engine plant bisa dibuat di sini. Mengapa engine plant di sini? Artinya produk itu sudah sepenuhnya buatan kami," terang Alexander Barus.

Meski sudah membeberkan rencana jangka panjangnya untuk pasar Indonesia, sayangnya produsen otomotif asal China ini masih enggan menjelaskan secara detail. Dengan begitu, belum dapat diketahui kapan pabrik mesin dari DFSK akan segera beroperasi.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS