Penjualan Sienta Terus Menurun, Begini Kata Toyota

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Penjualan Sienta Terus Menurun, Begini Kata Toyota
Toyota Sienta terbaru diperkenalkan di Thailand, Selasa (6/8/2019). [toyota.co.th]

Dilihat dari kategori atau peruntukannya, Sienta sudah kalah dari ketiga saudaranya. Siapa sajakah mereka?

Suara.com - Penjualan Toyota terus mengalami penurunan dalam beberapa bulan terakhir. Meski sempat terjual ribuan unit saat awal peluncuran di 2016, nyatanya mobil dengan model pintu geser ini sudah mulai kurang diminati.

Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto mengklaim, penjualan Sienta terus menurun dikarenakan mobil ini masuk jenis city car.

Sejumlah pekerja di pabrik PT TMMI di Karawang sedang memeriksa kelengkapan mobil Toyota Sienta pada Senin(25/7) [Antara/Audy Alwi].
Sejumlah pekerja di pabrik PT TMMI di Karawang sedang memeriksa kelengkapan mobil Toyota Sienta pada Senin(25/7) [Antara/Audy Alwi].

"Jadi Sienta itu City Car, Multi Activity Car, bukan jenis Multi-Purpose Vehicle, bukan jenis Sport Utility Vehicle," ujar Fransiscus Soerjopranoto, di Jakarta, baru-baru ini.

Lebih lanjut, lelaki yang disapa Soerjo ini menjelaskan, bahwa city car seperti Toyota Sienta berbeda kelas dengan MPV, SUV, seperti Avanza, Innova, serta Rush. Ketiganya dipakai di medan sampai luar kota, sehingga market atau pasarnya lebih besar. Sementara Sienta marketnya kecil sehingga mesti ada produk refreshment.

"Nah itu yang di-consider oleh kita untuk melihat apakah kita perlu merefreshment untuk model ini," pungkasnya.

Meski demikian, Fransiscus Soerjopranoto mengaku penjualan Sienta saat ini mulai mengalami pemulihan. Sehingga menurutnya jangan berharap bisa terjual ribuan unit seperti saat pertama kali diluncurkan.

"Pelan-pelan sedang recovery. Karena Toyota itu kuat di bidang aftersalesnya, kemudian kita bisa maintenance stock-stock yang ada di diler. Kalau di diler kebanyakan stok, ya mereka akan buang diskon terlalu besar," terang Fransiscus Soerjopranoto.

Berdasarkan data retail sales Toyota, penjualan Sienta pada Januari 2019 mencapai 411 unit, Februari 291 unit, Maret 253 unit, April 275 unit, Mei 190, dan Juni sebanyak 129 unit. Dengan kata kondisi pemasarannya terus menyusut di pasar.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS