Nantikan, IRC Siapkan Ban Balap untuk Motor 250 cc

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Nantikan, IRC Siapkan Ban Balap untuk Motor 250 cc
Presiden Joko Widodo menggunakan mobil Kepresidenan RI 1 saat meninjau kesiapan Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, dalam menggelar event balap MotoGP yang rencananya digelar tahun 2021, Selasa (6/3/2018). [Suara.com/Erick Tanjung]

Ban memiliki kerja ekstra sehingga spesifikasinya mesti jempolan. Seperti komponnya, sampai keandalannya saat eksekusi sirkuit.

Suara.com - PT Gajah Tunggal Tbk (GT), produsen ban motor merek IRC diam-diam tengah menyiapkan ban khusus balap untuk pasar Indonesia.

Dodiyanto, Marketing Product Development GT mengungkapkan, ban balap ini sudah diriset sejak tahun lalu. Kompon yang digunakan juga berbeda antara ban depan dan ban belakang.

"Ban ini menyesuaikan karakter aspal dan kondisi sirkuit Sentul, yang kerap dipakai untuk balapan. Waktu tes di Suzuka dan Buriram sudah lolos tes," ujar Dodiyanto, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Peserta mengendarai mobil All New Honda Brio di Sirkuit Sentul, Jawa Barat, Rabu (20/3/2019). All New Honda Brio menawarkan pengalaman berkendara yang lebih baik dengan nuansa yang "sporty" dan "fun-to-drive" sesuai DNA Honda dengan performa tinggi yang melampaui kelas LCGC serta konsumsi bahan bakar yang efisien. Sebagai ilustrasi produk [ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga].
Peserta mengendarai mobil All New Honda Brio di Sirkuit Sentul, Jawa Barat, Rabu (20/3/2019). All New Honda Brio menawarkan pengalaman berkendara yang lebih baik dengan nuansa yang "sporty" dan "fun-to-drive" sesuai DNA Honda dengan performa tinggi yang melampaui kelas LCGC serta konsumsi bahan bakar yang efisien. Sebagai ilustrasi Sentul [ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga].

Lebih lanjut, lelaki yang akrab disapa Dodi itu menjelaskan, bahwa kondisi permukaan trek yang bumpy membuat ban memiliki kerja ekstra. Pasalnya ban juga berfungsi untuk membantu kerja suspensi agar lebih ringan.

"Jadi, ban balap yang nanti akan dipasarkan berbeda dengan yang dijual di negara lain," kata Dodiyanto.

Rencananya, ban balap terbaru dari IRC akan menyasar segmen motor 250 cc. Di mana segmen ini juga diisi oleh Pirelli dan Dunlop.

"Tapi kita punya setting harga yang lebih terjangkau dari dua merek itu," pungkasnya.

Rencananya ban balap terbaru dari IRC ini akan diluncurkan bulan depan, di Sentul, Provinsi Jawa Barat bersamaan dengan Yamaha Endurance Race atau di proving ground milik GT.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS