Peringati Harhubnas, Disosialisasikan Transportasi Ramah Disabilitas

RR Ukirsari Manggalani
Peringati Harhubnas, Disosialisasikan Transportasi Ramah Disabilitas
Dua orang supir taksi membantu seorang penyandang disabilitas untuk memasuki taksi di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (11/9/2019). Kementerian Perhubungan menyelenggarakan kegiatan sosialisasi dan simulasi transportasi yang ramah bagi penyandang disabilitas dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional yang jatuh pada tanggal 17 September [ANTARA FOTO/Fauzan/foc].

Transportasi ramah bagi penyandang disabilitas menjadi bagian dari peringatan Harhubnas.

Suara.com - Hari Perhubungan Nasional atau Harhubnas 2019 diperingati Selasa (17/9/2019), bertemakan "Merajut Nusantara Membangun Bangsa, Bakti Nyata Insan Perhubungan untuk Indonesia Unggul lndonesia Maju". Salah satu implementasinya yang bisa ditengok dari transportasi darat, khususnya taksi, bisa dijumpai di Terminal 3 Bandara Soekarno - Hatta, Tangerang, Banten.

Dikutip dari kantor berita Antara, pada pekan lalu (11/9/2019), Kementerian Perhubungan telah menyelenggarakan kegiatan sosialisasi dan simulasi transportasi yang ramah bagi penyandang disabilitas. Acara ini ditujukan untuk menyambut Harhubnas pada 17 September 2019.

Dalam kegiatan sosialisasi dan simulasi di lingkungan bandar aitu, tampak dua orang pengemudi taksi membantu seorang penyandang disabilitas memasuki taksi. Patut disimak, bahwa mobil yang digunakan juga ramah bagi kaum difabel. Yaitu dengan mekanisme pintu sliding door  di bagian samping, sehingga bisa memberikan akses lebih lapang dalam pergerakan peranti bantu penggunanya.

Sementara itu, Harhubnas juga diperingati di berbagai provinsi di Indonesia, antara lain Sumatera Barat.

"Sebagai abdi dan pelayan masyarakat, personel perhubungan harus selalu membenahi kinerja. Sebab masyarakat akan selalu menuntut sektor perhubungan yang sempurna," papar Irwan Prayitno, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno usai menghadiri peringatan Harhubnas di Padang Pariaman, Selasa (17/9/2019).

Menurutnya, jajaran perhubungan dan seluruh pihak terkait harus bersinergi mewujudkan konektibilitas antar wilayah di Indonesia, karena saat ini masih ada sejumlah wilayah yang belum bisa diakses dengan baik.

Untuk itu jajaran perhubungan harus bekerja ikhlas memberikan layanan transportasi pada masyarakat, mulai dari angkutan darat, laut, dan udara.

"Keberhasilan pembangunan di daerah-daerah juga dipengaruhi oleh transportasi. Sektor transportasi menjadi penunjang, serta urat nadi untuk keberlangsungan sektor lain. Apalagi di Sumatera Barat yang fokus mengembangkan pariwisata, yang membutuhkan konektivitas transportasi yang baik," imbuh Gubernur Sumatera Barat.

Sementara di Minahasa, pada hari yang sama, Olly Dondokambey, Gubernur Sulawesi Utara, membacakan sambutan dari Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi.

Juga menyatakan bahwa keberhasilan pembangunan sangat dipengaruhi oleh peranan transportasi sebagai urat nadi kehidupan politik, ekonomi, sosial budaya, serta pertahanan keamanan. Dan Harhubnas 2019 menjadi momentum mewujudkan transportasi berkeselamatan bagi seluruh pengguna.

"Semoga semangat Harhubnas ini dapat memberi semangat kerja bagi pembangunan transportasi di seluruh pelosok Tanah Air," tandasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS