Lagi, Gara-Gara Ponsel Mobil Ini Nyaris Terbakar Habis

Dany Garjito | Cesar Uji Tawakal
Lagi, Gara-Gara Ponsel Mobil Ini Nyaris Terbakar Habis
Ilustrasi mobil terbakar. [Shutterstock]

Insiden serupa kerap terulang, perlu kehati-hatian bagi pengguna kendaraan.

Suara.com - Saat Anda berpergian dengan menggunakan mobil, ada beberapa barang yang 'haram' untuk ditingal di dalam mobil, apalagi mobil tersebut diterpa suhu panas.

Salah satu barang tersebut adalah ponsel atau smartphone. Jika teledor, bisa jadi mobil bakal dilahap si jago merah, seperti penuturan warganet satu ini.

Viral di media sosial, penuturan warganet yang mengaku teledor meninggalkan ponsel miliknya di dalam mobil saat setelah memarkirkan kendaraannya.

Akibatnya, kursi mobil tersebut terbakar. Beruntung api tidak menjalar dan mengakibatkan kebakaran besar.

"Hati-hati ya dengan meninggalkan handphone di mobil," ujar warganet tersebut mengawali kisahnya.

Mobil terbakar karena smartphone meledak. (Facebook)
Mobil terbakar karena smartphone meledak. (Facebook)

"Posisi mesin mobil mati dan saya tinggal di parkiran jam 10.30 sampai balik jam 4 sore. Suhu yang panas cuaca yang cetar mungkin penyebab handphone meledak. Pas mau pulang lemasnya buka mobil yang keluar asap semua. Untung masih rezekiku. Hanya jok yang terbakar," imbuhnya.

Dari insiden tersebut, bisa diambil pelajaran, bahwa 'haram' untuk meninggalkan ponsel di dalam mobil, khususnya saat mobil tersebut terparkir di cuaca yang terik.

Dikutip dari Hitekno, pada dasarnya setiap baterai ponsel memang punya potensi untuk meledak.

Hal ini disebabkan bahan baterai smartphone biasanya adalah lithium-ion atau Li-ion. Poros polypropylene pada baterai Li-ion ini biasanya bertugas untuk mengamankan unsur listrik pada baterai.

Kehadiran poros ini berguna untuk menjaga baterai tidak overheat mengingat bahan dasar Li-ion yang mudah terbakar. Memiliki daya yang besar, membuat baterai Li-ion yang ada di smartphone dapat meledak kapan saja jika tidak dalam pemakaian normal.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS