Bolehkah Campurkan Cairan Pencuci Piring ke Tabung Wiper?

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Bolehkah Campurkan Cairan Pencuci Piring ke Tabung Wiper?
Ilustrasi wiper di kaca depan mobil [shutterstock]

Ini aturan sederhana agar air wiper tidak mampet setelah dicampuri cairan pencuci piring.

Suara.com - Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menyingkirkan debu atau kotoran yang menempel di kaca depan mobil adalah menyemprotnya dengan air wiper.

Sebagai campuran pembersih, selain media air terkadang pemilik mobil menggunakan cairan pencuci piring atau sabun cuci piring. Niatnya tentu saja agar kotoran yang menempel di kaca bisa lebih bersih saat disapu air bercampuran sabun.

Pertanyaannya: bolehkah sabun cuci piring digunakan sebagai campuran untuk air wiper?

Melansir laman Suzuki Indonesia, cairan pencuci piring bisa digunakan sebagai campuran air wiper. Bahkan banyak yang menilai zat pembersih yang sejatinya memang hanya untuk mencuci piring ini lebih bagus untuk campuran air wiper dibandingkan shampoo pencuci rambut.

Ilustrasi mencuci piring usai makan. (Shutterstock)
Ilustrasi cairan pencuci piring [Shutterstock].

Alasannya, shampoo kini sudah mengandung terlalu banyak campuran kimia sehingga mungkin saja berisiko merusak permukaan kaca mobil.

Di sisi lain baik shampoo maupun sabun cuci piring memang bisa digunakan sebagai campuran air wiper karena memiliki efek degreasing atau mengangkat atau menyapu minyak. Hal ini dinilai baik untuk kaca depan mobil yang sehari-harinya mungkin terpapar zat berminyak yang bisa menempel saat mobil digunakan.

Namun begitu, dengan fungsi bisa membantu membersihkan kaca mobil, disarankan untuk tidak memasukkan terlalu banyak cairan sabun pencuci piring ke dalam campuran air wiper. Cukup beberapa tetes saja, dan usahakan jangan sampai reservoir berbusa akibat cairan pencuci sehingga saluran washer terhambat.

Selain cairan pencuci piring, cairan pembersih kaca yang biasa digunakan untuk rumah juga bisa diaplikasikan pada air wiper. Selamat mencoba.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS