Keren, Penjualan Mobil Listrik di Negara Ini Laris Manis

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Keren, Penjualan Mobil Listrik di Negara Ini Laris Manis
Norwegia, salah satu dari negara Skandinavia dengan warga yang meminati produk mobil listrik. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Salah satu negara Skandinavia rupanya menggemari produk mobil listrik. Sebesar ini kontribusinya.

Suara.com - Norwegian Road Federation mengumumkan kenaikan angka penjualan terhadap Kendaraan Bermotor Listrik atau KBL kategori murni listrik atau Electric Vehicle (EV) sepanjang 2019. Dari total penjualan mobil di negara itu, mobil listrik berkontribusi sebesar 44,3 persen.

Mengutip Reuters, saat ini Norwegia tengah berupaya untuk menghentikan penjualan mobil yang masih menggunakan mesin pembakaran. Untuk mencapai target itu, pemerintah setempat memberikan fasilitas bebas biaya pajak bagi pengguna kendaraan bertenaga baterai.

Hasilnya, Norwegia kini menjadi negara dengan tingkat penggunaan kendaraan listrik tertinggi di dunia. Bahkan beberapa perusahaan pembuat mobil memilih negara ini sebagai tempat pengujian untuk memperkenalkan model baru.

Tesla Model 3 dalam Paris Motor show 2018 [Shutterstock].
Tesla Model 3 dalam Paris Motor show 2018 [Shutterstock].

Pada 2019, Tesla Model 3 menjadi mobil paling populer di Norwegia dengan pencapaian 15.700 unit. Atau meraup 11 persen pangsa pasar mobil listrik di Norwegia.

Namun untuk urusan penjualan, pada Januari 2020, Audi e-Tron menjadi mobil terlaris untuk kedua kalinya dalam empat bulan terakhir dengan pangsa pasar 9,4 persen.

Perusahaan mobil asal Jerman ini menjual sekitar 902 unit e-Tron, disusul Renault ZOE EV dengan 533 unit dan VW e-Golf 511 unit.

Melihat tren yang terjadi, pada tahun ini pemerintah Norwegia memprediksi adanya kenaikan signifikan 50 sampai 60 persen.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS