Ignis dan Baleno Laris, Tapi Kok Suzuki XL7 yang Diproduksi di Indonesia?

Liberty Jemadu | Manuel Jeghesta Nainggolan
Ignis dan Baleno Laris, Tapi Kok Suzuki XL7 yang Diproduksi di Indonesia?
Suzuki XL7 disebut akan meluncur di Indonesia pada 7 Februari 2020. Mobil low SUV ini kabarnya merupakan pengembangan dari Suzuki XL6 yang diluncurkan di India Agustus 2019 lalu. [Dok Maruti Suzuki]

Mobil dengan kapasitas tiga baris, seperti Suzuki XL7 yang meluncur akhir pekan ini, lebih banyak diminati konsumen Indonesia.

Suara.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan akan memproduksi Suzuki XL7 di Indonesia, meski rencana itu memantik pertanyaan mengapa bukan Ignis atau Baleno yang pasarnya sudah cukup mapan di Tanah Air.

Suzuki Ignis dan Baleno diketahui diimpor SIS dari India. Sementara yang diproduksi di Indonesia sejauh ini adalah Suzuki Ertiga dan Karimun Wagon R.

Direktur Pemasaran Roda Empat SIS, Donny Saputra mengatakan, mobil dengan kapasitas tiga baris, seperti Ertiga dan Suzuki XL7 yang meluncur akhir pekan ini, lebih banyak diminati konsumen Indonesia.

"Hampir 80 persen kendaraan penumpang di Indonesia itu, yang paling banyak kendaran tiga baris dibandingkan dengan kendaraan dua baris," ujar Donny, di Bogor, Jawa Barat, baru-baru ini.

Lebih lanjut, Donny menambahkan, secara global ukuran mobil semakin lama memang semakin kecil. Namun di Indonesia belum ke arah sana.

"Selain itu, kami juga harus hitung-hitungan produk ekspor. Secara hitungan, Suzuki XL7 lebih banyak dari Ignis. Itulah kenapa kami lebih tertarik memproduksi XL 7 di Indonesia," terang Donny.

Berdasarkan data Gaikindo, Suzuki Baleno dan Ignis menjadi produk CBU milik Suzuki yang paling laris. Sepanjang 2019, Baleno terjual sebanyak 5.216 unit. Sementara Ignis berhasil dilepas sebanyak 5.138 unit.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS