Best 5 Oto: Nissan Tutup Pabrik di Indonesia, Ford - Volkswagen Bermitra

RR Ukirsari Manggalani
Best 5 Oto: Nissan Tutup Pabrik di Indonesia, Ford - Volkswagen Bermitra
Nissan Terra dan Livina yang siap digunakan Relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dari PT Nissan Motor Indonesia [Dok Nissan Motor Indonesia via ANTARA Foto].

Lima (5) tautan artikel rekomendasi dari kanal otomotif Suara.com yang dirangkum kemarin. Mulai pabrik Nissan di Indonesia ditutup, dan Ford - Volkswagen bermitra.

Suara.com - CEO Nissan Motor Co. Ltd., Makoto Uchida memberikan pernyataan resmi bahwa pihaknya tengah melakukan langkah-langkah menuju era baru demi mempertahankan profitabilitas perusahaannya.  Salah satunya adalah menutup pabrik yang ada di Indonesia dan Spanyol. Untuk selanjutnya, produksi di pasar ASEAN akan difokuskan di Thailand.

Lantas bagaimana dengan PT Nissan Motor Indonesia? Meski tidak lagi memproduksi sendiri, usah khawatir, berikut adalah kesiapan yang dilakukan oleh perusahaan otomotif ini di Tanah Air. Serta simak pula delapan produk hitsnya di Indonesia. Termasuk yang dihadirkan saat berlangsung pameran kendaraan listrik di Balai Kartini, Jakarta, tahun silam.

Sementara itu, ada pula mobil favorit putri maestro campursari dan keroncong, The King of Brokenheart, Didi Kempot. Kekalemannya mengingatkan kepada orangtuanya, sang putri ini berpose di mobil warna merah.

Bagi penyuka motor gede atau moge, Honda Gold Wing kini dilengkapi peranti konektivitas keren yang membuat kegiatan touring menjadi lebih seru. Tersedia dua versi, yaitu untuk iOS serta Android.

Lantas, Ford Motor Company dan Volkswagen yang tahun silam menjalin kemitraan telah menjalin kesepakatan untuk melakukan serangkaian produksi bersama. Mulai kelas light commercial vehicle, hingga mobil listrik. Simak beberapa di antaranya di sini.

Berikut adalah lima (5) artikel rekomendasi dari kanal otomotif Suara.com yang dirangkum pagi hingga malam tadi. Selamat membaca.

1. Nissan Hentikan Produksi di Indonesia, Ini Deretan 8 Mobil Andalannya

Nissan Navara di Gurun Sahara, sebagai ilustrasi produk Nissan [Dok. Nissan Motor Indonesia].
Nissan Navara di Gurun Sahara, sebagai ilustrasi produk Nissan [Dok. Nissan Motor Indonesia].

Kabar bahwa Nissan Motor menutup pabriknya di Indonesia menjadi kabar menyesakkan di tengah pandemi Covid-19 yang membawa efek domino bagi sektor otomotif global dan nasional. Selain di Tanah Air, hal serupa juga berlaku di Spanyol, demikian antara lain dikutip dari Time.

Adapun kebijakan ini adalah bagian dari restrukturisasi besar demi menjaga pertumbuhan berkelanjutan dari brand asal Jepang itu. Dan berita disampaikan langsung oleh Makoto Uchida, Chief Executive Officer (CEO) Nissan dalam konferensi pers di Yokohama, Jepang, Kamis (28/5/2020).

Baca selengkapnya

2. Kalem nan Memesona, 5 Potret Enny Suwina Putri Didi Kempot dengan Mobilnya

Putri Didi Kempot, Enny Suwinawati.[Instagram/Radityawidilaksana]
Putri Didi Kempot, Enny Suwinawati.[Instagram/Radityawidilaksana]

Berita berpulangnya maestro campursari asal Solo, Jawa Tengah, Didi Kempot pada 5 Mei 2020 lalu memang mengagetkan banyak orang.

Jutaan sobat ambyar yang tersebar di seluruh Tanah Air mengungkapkan duka di media sosial hingga menjadi trending topic.

Baca selengkapnya

3. Honda Tanamkan Sistem Konektivitas Android Terbaru pada Gold Wing

Honda Gold Wing [Dok PT Asta Honda Motor, AHM]
Honda Gold Wing [Dok PT Asta Honda Motor, AHM]

Honda kembali menyematkan teknologi teranyar pada Gold Wing. Kali ini, motor besar buatan Honda itu menerima pembaruan sistem konektivitas seperti Carplay.

Dikutip dari Cycleworld, sistem ini dinamai Auto Connectivity System, berbasis Android 5.0 dan memiliki fungsi seperti Apple Carplay.

Baca selengkapnya

4. Aliansi Ford dan Volkswagen Produksi Mobil Listrik dan Komersial

Ford Transit Van atau Ford Transit Passenger Wagon XLT Van. Sebagai ilustrasi produk kendaraan jenis komersial dari Ford Motor Company [Shutterstock].
Ford Transit Van atau Ford Transit Passenger Wagon XLT Van. Sebagai ilustrasi produk kendaraan jenis komersial dari Ford Motor Company [Shutterstock].

Secara resmi, Volkswagen memberikan pernyataan bahwa dewan pengawasnya telah menyatakan persetujuan atas pembuatan mobil yang akan digarap bersama mitra aliansinya, Ford Motor Company. Demikian dikutip dari kantor berita Antara pada Kamis (28/5/2020).

Aliansi Volkswagen dan Ford Motor Company pertama kali diumumkan pada Juli 2019. Sesudahnya, disusun beberapa projek bernilai miliaran dolar Amerika Serikat dan sekarang dinyatakan disetujui untuk digarap bersama oleh pihak Volkswagen. Menyusul adalah penandatanganan kontrak yang mengikat kedua belah pihak.

Baca selengkapnya

5. Pabrik Nissan Indonesia Tutup, Penjualan dan Purnajual Tetap Jalan

Logo mobil Nissan. [Shutterstock]
Logo mobil Nissan. [Shutterstock]

PT Nissan Motor Indonesia (NMI) memastikan tidak ada dampak terhadap penutupan pabrik Nissan di Indonesia. Seluruh aktivitas berjalan normal kecuali aktivitas produksi.

"Tidak ada dampaknya. Layanan purnajual dan diler kita tetap beroperasi," ujar Hana Maharani, Head of Communication NMI, saat dikonfirmasi Suara.com, Jumat (29 Mei 2020).

Baca selengkapnya

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS