Cara Merawat Ban Mobil: 3 Tips Agar Roda Tetap Prima

Liberty Jemadu | Manuel Jeghesta Nainggolan
Cara Merawat Ban Mobil: 3 Tips Agar Roda Tetap Prima
Ilustrasi pria mengganti ban mobil [Shutterstock]

Cara merawat ban mobil penting diketahui untuk menjaga performa kendaraan dan tentu saja keselamatan pengendara.

Suara.com - Ban merupakan komponen sangat penting pada mobil dan karenanya cara merawat ban pun sangat krusial dalam menjaga performa serta terutama keselamatan pengendara kendaraan roda empat.

Menurut Danang Pinandhitio Kepala Bengkel Auto2000 Jatiasih, ada tiga cara mudah untuk memastikan ban selalu dalam keadaan prima.

  1. Periksa kotoran

    Danang menyarankan untuk rutin memeriksa kondisi ban dan mengecek kotoran yang mengering serta dapat mengganggu laju kendaraan.

    "Dengan melakukan pengecekan, pengendara bisa meminimalisir kondisi seperti ban kempes atau barang lain yang membuat tidak nyaman saat berkendara," ujar Danang, dalam obrolan online yang digelar Auto2000.

  2. Tekanan angin

    Pemilik mobil harus selalu periksa tekanan angin ban agar ban mobil tidak mudah rusak atau pecah di jalan raya. Periksa secara rutin dan pastikan ukuran tekanan sesuai dengan standar.

    Cara mengetahui tekanan angin standar, jelas Danang, cukup mudah.

    "Sebenarnya cukup buka pintu sebelah kanan depan, di pilar bawah ada anjuran untuk ukuran ban dan tekanan angin yang sesuai standar," beber Danang.

  3. Tukar posisi

    Selain itu, tukar posisi ban secara berkala. Waktu terbaik untuk melakukan penukaran posisi ban adalah setiap kali mobil menempuh jarak 5000 kilometer.

    "Ini bisa dilakukan saat service berkala. Fungsinya agar kehausan pada ban merata. Jadi tidak ada yang lebih dulu aus," tutup dia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS