Kunci Motor Sering Seret, Begini Cara Mengatasinya

Dythia Novianty | Manuel Jeghesta Nainggolan
Kunci Motor Sering Seret, Begini Cara Mengatasinya
Ilustrasi kunci motor. [Shutterstock]

Lubang kunci kontak motor yang seret, sering menjadi kendala para pemilik motor.

Suara.com - Lubang kunci kontak motor yang seret, sering menjadi kendala para pemilik motor. Pasalnya, anak kunci jadi susah masuk atau keluar padahal sebelumnya lancar-lancar saja.

Tak hanya itu, anak kunci pun jadi lebih keras ketika diputar. Hindari membiarkan kondisi seperti itu karena berpotensi membuat anak kunci bengkok atau patah bila dipaksa. Lalu bagaimana langkah untuk mengatasi kunci motor yang seret.

Mengutip laman Deltalube, Jumat (26/6/2020), ketika mendapati anak kunci kontak seret dimasukkan serta sulit untuk memutar anak kunci, hindari memaksa memutar anak kunci ketika terasa keras. Hal itu agar terhindar dari anak kunci bengkok atau patah di dalam rumah kunci.

Gunakan cairan penetran untuk memberi pelumasan, sekaligus membersihkan kotoran di sela-sela rumah kunci. Lakukan beberapa kali penyemprotan hingga keluar-masuknya anak kunci tidak seret lagi.

Begitu pula saat memutar anak kunci. Pelumasan ini bisa dilakukan setiap sebulan sekali.

Seandainya anak kunci sampai patah di dalam, jangan dibiarkan dan perlu segera dikeluarkan. Untuk mengeluarkan anak kunci yang patah, hindari menggunakan tools yang dapat merusak rumah kunci.

Kunci motor motor sport sebagai ilustrasi [Shutterstock].
Kunci motor motor sport sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Gunakan pinset (penjepit) dan menyemprotkan cairan penetran sehingga lebih mudah untuk ditarik.

Penyebab Kunci Motor Seret

Umumnya, pada anak kunci ditemui bercak kotoran yang bisa menjadi penyebab makin sulitnya anak kunci masuk atau keluar. Tapi kotoran itu bukan karat, karena umumnya anak kunci menggunakan material stainless steel yang tidak berkarat.

Kotoran itu biasanya berasal dari sisa sabun cuci yang masuk ke celah rumah kunci kontak dan mengering. Selain itu, kotoran juga bisa muncul jika motor sering diparkir di luar ruang atau tanpa atap sehingga sering terkena hujan. Kotoran yang menempel di sekitar area rumah kunci bisa terbawa air masuk melalui celah rumah kunci dan mengering di dalam.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS