Seru, Bahan Bakar Gas Jadi Sumber Tenaga Skoda Octavia G-Tec

RR Ukirsari Manggalani
Seru, Bahan Bakar Gas Jadi Sumber Tenaga Skoda Octavia G-Tec
Skoda Octavia iV dalam pameran otomotif Frankfurt Motor Show 2019. Sebagai ilustrasi produk dari Skoda Auto [Shutterstock].

Terobosan unik dilancarkan Skoda, yaitu menciptakan produk berbahan bakar dua macam. Siap diterapkan untuk Skoda Octavia G-Tec.

Suara.com - Menyambut era mobil menggunakan bahan bakar non-minyak bumi atau bensin dan solar, para produsen bergerak menciptakan mobil listrik atau Electric Vehicle (EV). Spesifikasinya beragam, mulai murni tenaga listrik, sampai hibrida atau hybrid. Namun, Skoda Octavia tampil beda.

Dikutip dari kantor berita Antara, Skoda Auto yang menjadi bagian dari perusahaan raksasa Jerman, Volkswagen, melakukan terobosan berupa peluncuran sedan Skoda Octavia G-Tec berbahan bakar gas atau Compressed Natural Gas (CNG).

Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika, Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan meninjau pabrik bus CNG Hino di Purwakarta, Jabar, Jumat (27/11) [Hino Motors Sales Indonesia/Suara.com].
Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika, Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan meninjau pabrik bus CNG Hino di Purwakarta, Jabar. Sebagai ilustrasi mobil bersel hidrogen [Dok Hino Motors Sales Indonesia].

Berdasarkan laman resmi Skoda Auto yang dikutip kantor berita Antara pada Minggu (28/6/2020), Skoda Octavia G-Tec memiliki spesifikasi sebagai berikut:

Skoda Octavia G-Tec [Skoda Auto via ANTARA News].
Skoda Octavia G-Tec [Skoda Auto via ANTARA News].
  • Mesin TSI 1.500cc bertenaga 130 PS
  • Mobil bisa dioperasikan menggunakan dua macam bahan bakar. Yaitu bensin dan gas CNG. Karena itu kendaraan dilengkapi tiga tangki gas berbobot 17,3 kg di bagian dek bawah body, dan tangki kecil berukuran 9 L bensin. Lewat penerapan dua macam bahan bakar, emisi mobil menjadi lebih rendah sebesar 25 persen saat memakai bahan bakar gas.
  • Dalam sekali pengisian gas, kendaraan mampu menempuh jarak 500 km.
  • Peralihan penggunaan gas ke bensin atau sebaliknya bisa dioperasikan secara otomatis tanpa intervensi pengemudi.

Kehadiran Skoda Octavia G-Tec ini tentu makin memperkaya opsi atau pilihan konsumen di pasar otomotif yang mengandalkan produk-produk rendah emisi. Kini ada wacana lebih luas, di luar mobil-mobil bertenaga listrik.

Bus berbahan bakar listrik dalam sel hidrogen yang digunakan di kawasan Ginza, Tokyo, Jepang. Sebagai ilustrasi bus hidrogen [Shutterstock].
Bus berbahan bakar listrik dalam bentuk sel hidrogen yang digunakan di kawasan Ginza, Tokyo, Jepang. Sebagai ilustrasi bus hidrogen [Shutterstock].

Dan sebagai catatan, banyak kendaraan komersial juga telah menerapkan CNG sebagai sumber daya utama penggerak mesinnya.  Termasuk yang menggunakan sel hidrogen.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS