Ridwan Kamil Kemudikan VW Karmann Ghia, Politikus Ini Juga Punya

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Ridwan Kamil Kemudikan VW Karmann Ghia, Politikus Ini Juga Punya
Pose ibunda Ridwan Kamil dengan mobil antik di depan Kantor Gubernur Jawa Barat [Instagram].

Selain Pak Gub Jabar Ridwan Kamil, sosok ini juga memiliki Volkswagen Karmann Ghia. Berikut spesifikasi mobil kerennya.

Suara.com - Belum lama ini, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memposting serangkaian potret keren yang sengaja dibuat hitam putih di akun media sosialnya. Bersama satu unit mobil klasik, yaitu Volkswagen atau VW Karmann Ghia.

Lelaki yang akrab disapa Kang Emil ini mengenakan busana bergaya vintage dan terlihat keliling Kota Bandung bersama sang ibunda. Tentu saja dengan wajah dilengkapi masker yang menjadi peranti wajib di era new normal.

"Membahagiakan Ibunda, usia 81 tahun, yang kemarin disiplin lebih dari 3 bulan tinggal di rumah sesuai arahan selama pandemi Covid-19," demikian tulis Ridwan Kamil.

Dari beberapa tangkapan kamera tampak bahwa Volkswagen Karmann Ghia convertible yang dikemudikan Kang Emil kini menjadi collector item.

Selain dirinya, salah satu politikus yang memiliki Volkswagen Karmann Ghia adalah Puan Maharani, Ketua DPR RI saat ini.

Sebagaimana bisa disimak dari pelaporan harta kekayaan, Puan Maharani memiliki satu unit Volkswagen Karmann Ghia tahun 1961.  Dengan menerakan nilai sebesar Rp65 juta.

Adu koleksi mobil Megawati Soekarnoputri dan Puan Maharani. (kpk.go.id)
Koleksi mobil Puan Maharani [kpk.go.id].

Mobil yang masuk klasifikasi collector item ini bisa saja berasal dari warisan sang kakek, salah satu tokoh Proklamator RI sekaligus presiden pertama NKRI, Ir Soekarno.

Dilansir dari laman VW Heritage, Karmann Ghia adalah mobil yang diproduksi di Jerman sekitar 1955 – 1974. Berbeda dengan VW Beetle atau Kodok, Karmann Ghia masuk dalam segmen sport car.

Mobil ini tersedia dalam model coupe dan convertible, yaitu atap terbuka dilengkapi soft top.

Produk Karmann Ghia saat itu mampu mengubah pandangan masyarakat terhadap merek Volkswagen. Khususnya konsumen Amerika Serikat yang menganggap mobil asal Jerman tadi identik dengan mobil rakyat.

Nyatanya, Volkswagen mampu merancang mobil yang lebih gagah dan lebih kokoh. Meski pada 1950-an Volkswagen Beetle cukup digemari, Karmann Ghia dinilai memiliki daya tarik lebih, lewat desain lebih sporty.

Bicara soal mesin, Karmann Ghia awalnya dibekali mesin 1.200cc bertenaga 36 dk atau sekaliber dengan Beetle. Kemudian, tersedia pilihan mesin 1.300cc, 1.500cc, dan 1.600cc.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS