Masa New Normal, Pasar Mobil Bekas Diprediksi Ada Peningkatan

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Masa New Normal, Pasar Mobil Bekas Diprediksi Ada Peningkatan
Ilustrasi melakukan jual beli di pasar mobil second hand [Shutterstock].

Menyikapi new normal dan memperkecil risiko penularan Covid-19, pasar mobil bekas adalah salah satu pilihan konsumen.

Suara.com - CO-Founder Carro Automall, Aditya Maulana, optimis bahwa pasar mobil bekas di Indonesia akan terus mengalami peningkatan. Menurutnya, pasar mobil baru dan bekas memang menurun pasca diterpa badai COVID-19. Namun disebutkannya bahwa prediksi itu terjadi dalam jangka pendek.

"Walaupun ada pembatasan, orang tetap beraktivitas. Pasar jangka pendek memang turun. Ke depan, ini potensi yang akan terus bertambah," kata Aditya Maulana saat bincang virtual bersama awak media, Rabu (1/7/2020).

Ilustrasi mobil bekas (Shutterstock).
Ilustrasi mobil bekas (Shutterstock).

Lebih lanjut, tambahnya, kebutuhan akan mobil terus meningkat, untuk sarana berpindah dari titik ke titik lain. Terlebih bagi sebagian orang, transportasi umum bisa dibilang sedikit menakutkan karena cenderung penuh sesak.

Terlebih lagi, pasar mobil di Indonesia memang belum sepenuhnya tergarap.

"Jadi tidak mungkin marketnya tidak akan naik," ungkap Aditya Maulana optimis.

Sementara itu, AVP of Business Tokopedia, David Kartono, mengungkapkan bahwa kondisi new normal cenderung mendorong orang untuk berbelanja secara online.

Selain itu dibandingkan 2019, tren otomotif di Tokopedia mengalami pertumbuhan lebih dari dua kali lipat.

"Used car produk pilihan yang baik bagi consumer. Terlebih memang orang cenderung membutuhkan kendaraan pribadi baik mobil, motor, bahkan sepeda," terang David Kartono.

Nah, berangkat dari pemaparan tadi, di masa new normal menggunakan mobil pribadi atau milik sendiri memang menjadi opsi aman. Senada yang dialami England atau Inggris sebagai bagian dari Britania Raya.

Saat lockdown diperlonggar, pemerintah setempat memberikan imbauan untuk menggunakan mobil pribadi dalam rangka memperkecil potensi perpapar Virus Corona. Hal ini juga berarti bahwa pasar mobil, baik baru maupun bekas akan turut berkembang.

Catatan dari Redaksi: Mari bijaksana menerapkan aturan jaga jarak dengan orang lain atau physical distancing, sekitar 2 m persegi, dan selalu ikuti protokol kesehatan tata normal baru. Gunakan masker setiap keluar rumah dan jaga kebersihan diri terutama rutin cuci tangan. Selalu saling dukung dan saling jaga dengan tidak berdiri berdekatan, menggerombol, serta mengobrol, dalam mengatasi pandemi Corona Virus Disease atau Covid-19. Suara.com bergabung dalam aksi #MediaLawanCovid-19. Informasi seputar Covid-19 bisa diperoleh di Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081-2121-23119

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS