facebook

Era New Normal, Kia Motors Perbanyak Showroom Virtual

RR Ukirsari Manggalani
Era New Normal, Kia Motors Perbanyak Showroom Virtual
Ilustrasi membeli mobil secara online, termasuk mobil bekas [Shutterstock].

Gerai atau showroom virtual kini semakin dicari peminat atau calon konsumen. Kia pun menyiapkan Live Streaming Showroom.

Suara.com - Badai COVID-19 berlanjut era new normal telah melahirkan kebiasaan baru di masyarakat. Sebuah fenomena yang disambut Kia dengan cara memperluas gerai virtual ke beberapa negara.

Dikutip dari kantor berita Antara, kini Kia semakin memperluas implementasi ruang pamer virtual atau Live Stream Showroom ke sejumlah negara sebagai bagian dari upaya bergeser ke sistem penjualan online di seluruh dunia untuk masa mendatang.

Adapun Live Stream Showroom, platform online baru menawarkan pelanggan berupa akses ke tampilan virtual yang dipersonalisasi ke dealer Kia tertentu. Terdapat sesi video langsung untuk pelanggan berupa konsultasi online dengan tanggapan langsung atas pertanyaan mereka. Juga bisa mengeksplorasi desain dan fitur mobil Kia, melihat demonstrasi teknologi baru, serta fungsionalistas sesuai permintaan.

Mobil Kia X-Car yang diperkenalkan Rafael Nadal di Australia. [Kia/HO]
Mobil Kia X-Car yang diperkenalkan Rafael Nadal di Australia.  Sebagai ilustrasi showroom non virtual Kia [Kia/HO]

Hasilnya, live stream personalisasi dealer atau showroom ini menjadikan pengalaman digital pengunjung atau konsumen serasa mulus berkunjung secara fisik ke showroom yang dipilih.

Baca Juga: Kia Carnival Generasi Empat Segera Meluncur untuk Pasar Korea

Fasilitas ini awalnya diperkenalkan di Qatar dan Pakistan. Lantas sekarang diperluas ke seluruh Timur Tengah dan Afrika. Yaitu seperti ke Kuwait, Bahrain, dan Afika Selatan.

"Dengan tujuan implementasi global di masa depan," demikian Kia dalam pernyataannya, seperti dikutip kantor berita Antara, Rabu (8/7/2020).

"Live Stream Showroom menunjukkan komitmen berkelanjutan kami untuk menyesuaikan perjalanan pembelian mobil dengan tuntutan pelanggan kami dengan tampilan virtual," jelas Artur Martins, Wakil Presiden Senior dan Kepala Divisi Pengalaman Pelanggan Global di Kia.

Kia Showroom virtual [Kia via ANTARA].
Kia Showroom virtual [Kia via ANTARA].

"Dengan meluncurkan platform baru ini, kami bertujuan untuk tetap terdepan dalam kurva penjualan dan pemasaran digital di masa transisi ini," imbuhnya.

Sebagai catatan, permintaan konsumen baru-baru ini menunjukkan indikasi kuat ingin melakukan lebih banyak pembelian mobil secara online.

Baca Juga: Kia Sedang Kembangkan Material Antivirus untuk Cegah Penyebaran Covid-19

Data terbaru yang dikumpulkan oleh Kia menunjukkan bahwa 83 persen konsumen lebih suka melakukan riset produk secara online sebelum melakukan pembelian. Sedangkan 47 persen konsumen menyatakan minatnya untuk menggunakan platform online untuk pembelian di masa depan.

Komentar