Socket Berpotensi Terbakar, Hyundai Lakukan Recall

RR Ukirsari Manggalani
Socket Berpotensi Terbakar, Hyundai Lakukan Recall
Hyundai Sonata facelift 2020 untuk pasar domestik Korea Selatan. Sebagai ilustrasi produk [Hyundai via ANTARA Foto].

Hyundai melakukan recall atas produknya, mencapai lebih dari 250 ribu unit. Penyebabnya adalah socket di dashboard.

Suara.com - Hyundai Motor Corporation melakukan langkah penarikan ulang atau recall atas produknya yang beredar di Amerika Serikat. Sebagaimana dikutip dari kantor berita Antara, ada 272 ribu produknya terdampak masalah teknis.

Adapun permasalahannya adalah socket atau stopkontak listrik di dashboard. Dengan kondisi berpotensi menimbulkan panas dan terbakar.

Hyundai Veloster Turbo dipamerkan di NAIAS setahun silam, sebagai ilustrasi [Shutterstock].
Hyundai Veloster Turbo dipamerkan di NAIAS setahun silam, sebagai ilustrasi [Shutterstock].

"Penarikan terbaru ini melibatkan Hyundai Elantra dan Sonata yang diproduksi antara 2011 dan 2012. Serta Accent dan Veloster produksi 2012," demikian papar juru bicara perusahaan yang dikutip kantor berita Antara dari kantor berita Korea, Yonhap, pada Jumat (17/7/2020).

Lebih detail, Hyundai menjelaskan bahwa kondisi panas muncul saat socket kompresor udara di dashboard dipasang untuk waktu lama. Pada beberapa model, kondisi komponen terlalu kencang, sehingga sulit dilepas. Sehingga jika dibiarkan dapat menimbulkan panas.

Hingga kini, telah terjadi sembilan kasus kebakaran terkait kondisi socket yang mengalami pemanasan saat tidak dikendorkan. Beruntung tidak ada korban jiwa. Tujuh dari sembilan insiden terjadi saat menggunakan kompresor udara standar mobil. Sedangkan dua kasus lainnya memakai kompresor buatan aftermarket.

Rencana penanganan recall ini akan dilakukan Hyundai mulai bulan depan, Agustus 2020.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS