HelmChat Aplikasi Khusus Penggemar Touring agar Tetap Bisa Komunikasi

Dythia Novianty | Manuel Jeghesta Nainggolan
HelmChat Aplikasi Khusus Penggemar Touring agar Tetap Bisa Komunikasi
Ilustrasi touring naik motor. (pexels.com)

Hal yang kerap menjadi kendala saat touring adalah komunikasi antar bikers.

Suara.com - Touring jadi salah satu kegiatan rutin para bikers yang gemar melakukan perjalanan jarak jauh. Walaupun bisa dilakukan sendirian, umumnya touring bersifat rombongan atau konvoi.

Hal yang kerap menjadi kendala saat touring adalah komunikasi antar bikers. Menjawabnya, belum lama ini tersedia sebuah aplikasi yang bisa menjadi solusi bagi para bikers.

Sebuah perusahaan teknologi bernama Jitsi, meluncurkan aplikasi HelmChat. Layaknya sebuah aplikasi pesan, aplikasi ini dapat menghubungkan para bikers melalui audio.

Melansir RideApart, Jumat (18/9/2020), aplikasi HelmChat diklaim telah dioptimalkan untuk segala kondisi berkendara seperti peredam bising. Dengan demikian suara yang ditangkap tetap jernih.

Baca Juga: Rebadge, Tiga Contoh Produk Hasil Kolaborasi Produsen Mobil

Aplikasi HelmChat. [Google Play Store]
Aplikasi HelmChat. [Google Play Store]

Melalui aplikasi ini, pengguna cukup mendownload ke smartphone masing-masing dan menyambungkannya ke earphone.

"Jitsi menggunakan enkripsi DTLS-SRTP untuk semua komunikasinya. Obrolan setiap pengguna terhubung langsung antar telepon," tulis perusahaan.

Selain itu, dijelaskan juga bila obrolan grup akan menggunakan server perusahaan sebagai titik pusat. Namun konten tidak pernah disimpan ke server.

"Penyimpanan hanya akan tertinggal pada memori smartphone," sambung perusahaan.

Karena terhubung ke smartphone, aplikasi HelmChat tentu punya kelemahan. Salah satunya adalah sambungan komunikasi akan sangat berpengaruh terhadap sinyal pada smartphone.

Baca Juga: Jelang Pilkada, Berbagai Produk Otomotif Laris Jadi Pengantar Calon

Selain itu, komunikasi menggunakan HelmChat juga tergolong boros data seluler. Pasalnya pengguna membutuhkan sekitar 30MB data per jam. Jika dikomulatif, maka para pengguna HelmChat akan menghabiskan total sekitar 200MB selama 6 jam perjalanan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS