India Akan Produksi Lokal Suzuki Jimny, Apa Kabar Rencana Indonesia?

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
India Akan Produksi Lokal Suzuki Jimny, Apa Kabar Rencana Indonesia?
Suzuki Jimny generasi 2018 yang muncul GIIAS 2018, Tangerang, Banten [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Suzuki Jimny disebut-sebut akan diproduksi di Negeri Bollywood, ini komentar Suzuki Indonesia.

Suara.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) membantah bahwa Suzuki Jimny akan diproduksi di India. Pabrikan asal Jepang ini menyatakan baru bisa membenarkan jika sudah ada keputusan resmi dari prinsipal.

"Selama informasi bukan informasi resmi dari Jepang kami tidak bisa konfirmasi kebenarannya. Bisa saja disebut akan diproduksi di India, tapi selama bukan informasi dari Suzuki Jepang kami tidak membenarkan," ujar Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS, baru-baru ini.

Banyaknya peminat Suzuki Jimny di Indonesia memang membuat konsumen harus menunggu lama untuk mendapatkan mobil ikonik itu. Bahkan saat ini konsumen harus menunggu sampai lima tahun jika masih berminat terhadap Suzuki Jimny. Jadi tidak heran jika SIS berniat untuk merakitnya secara lokal di Indonesia.

"Inden Jimny saat ini panjang. Kira-kira lima tahun ke atas. Dari September tahun lalu sebetulnya kami sudah tutup keran pemesanan dan sampai sekarang kami belum buka lagi," kata Donny Saputra.

Baca Juga: Suzuki Jimny Segera Diproduksi di India

Haluan keren dari Suzuki Jimny 2019 [Suara.com/ukirsari].
Haluan keren dari Suzuki Jimny 2019 [Suara.com/CNR ukirsari].

Sebelumnya Suzuki Motor berencana menjadikan India sebagai pusat produksi eksklusif untuk Suzuki Jimny varian lima pintu.

Melansir Times Now News, bila sesuai rencana, produsen mobil asal Jepang ini kemungkinan akan mengimpor komponen dan merakit varian Sport Utility Vehicle atau SUV tiga pintu di pabrik Maruti Suzuki di Gurgaon.

Meski prosesnya akan memakan waktu, Suzuki Motor berencana untuk mengembangkan Jimny dalam dua varian, yaitu tiga pintu dan lima pintu. Namun belum diketahui secara pasti apakah varian 5-doors itu bakal menggunakan mesin serupa varian tiga pintu yang sekarang berada di pasaran.

Yang jelas, keduanya akan menggunakan komponen yang sebagian besar dirakit secara lokal di India mulai 2022-2023.

Baca Juga: Kreatif, Mahasiswa Ciptakan Desain Mobil Konsep Suzuki Jimny Hybrid

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS