alexametrics

Work of Art: Buat Bikin Satu Emblem Mobil Bugatti Butuh 20 Pekerja

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Work of Art: Buat Bikin Satu Emblem Mobil Bugatti Butuh 20 Pekerja
Bugatti La Voiture Noire, yang disebut sebagai mobil termahal di dunia, dipamerkan di pameran Geneva Motor Show 2019 di Swiss [Bugatti.com]

Konsep mobil sebagai lambang jati diri, bukan sebatas alat transportasi. Emblem pun dibuat sedemikian berseni dan presisi.

Suara.com - Ketika mobil telah menjadi sarana ekspresi diri dan penuh nilai eksklusivitas, bukan alat transportasi semata, maka jangan heran bila pembuatannya sungguh berbeda dengan konsep pabrik otomotif yang umumnya dikenal.

Sebut contohnya adalah pembuatan sebuah emblem Bugatti. Logo atau seal alias badge selalu menjadi kebanggaan sendiri bagi pabrikan otomotif. Sehingga tidak heran penanda moncong mobil setiap carmaker didesain sebaik mungkin oleh para desainer.

Sebagai produsen mobil-mobil mewah, logo Bugatti selalu dibuat secara khusus. Bahkan prosesnya memakan waktu yang cukup lama.

Untuk satu emblem Bugatti, membutuhkan 10 jam pengerjaan. Sebagai perbandingan, Ford membuat pickupFord  F-150, bukan sebatas emblem, namun utuh satu body hingga memasang mesin dibutuhkan sekitar 20 jam saja.

Baca Juga: Volkswagen Akan Jual Merek Bugatti ke Startup Kroasia

Nilai eksklusif yang muncul dari emblem Bugatti. Ini belum termasuk keseluruhan body mobil serta performa mesinnya. Sebagai ilustrasi [Bugatti.com].
Nilai eksklusif yang muncul dari emblem Bugatti. Ini belum termasuk keseluruhan body mobil serta performa mesinnya. Sebagai ilustrasi [Bugatti.com].

Selain itu, untuk mendapatkan kualitas emblem terbaik, pengerjaan emblem Bugatti harus dibuat secara manual menggunakan tangan. Perusahaan ini bahkan membuat alat khusus untuk membuat emblem dari sepotong perak. Tidak tanggung-tanggung, satu emblem perlu 20 orang tenaga perajin.

"Pentingnya Bugatti Macaron bagi merek kami saat ini ditunjukkan oleh kualitasnya yang tak tertandingi, perhatian penuh cinta terhadap detail, juga bobot eksklusifnya," jelas Stephan Winkelmann, Presiden Bugatti, dikutip dari laman Bugatti.

Ia menambahkan, emblem adalah salah satu dari sedikit komponen pada produk Bugatti di mana bobot tidak berperan. Lencana padat ini terbuat dari 970 sterling silver memiliki desain yang sangat berkualitas karena dimensinya, dan ini lebih penting bagi perusahaan daripada komponen ringan lainnya.

Sebagai catatan, sterling silver adalah logam campuran dari perak dengan kandungan 92,5 persen dipadu 7,5 persen logam lain, biasanya tembaga.

"Si emblem oval merah tua pada produk kami telah membawa ketenaran nama Bugatti ke seluruh dunia sejak perusahaan ini buka, serta mewujudkan kekuatan simbolis dari brand kami," kata Stephan Winkelmann.

Baca Juga: 3 Koleksi Mobil Bugatti Milik Cristiano Ronaldo, Termahal Rp 145 Miliar

Bugatti menyebutkan bahwa warna merah pada latar emblem memiliki arti gairah dan kinerja. Sedangkan tulisan putih dan trim mewakili keanggunan dan kebangsawanan.

Sementara inisial Ettore Bugatti berwarna hitam di bagian atas emblem adalah lambang keunggulan dan keberanian.

Sungguh sebuah work of art yang dikerjakan dengan kredo labour of love. Dikerjakan penuh cita rasa seni, secara presisi, dan sempurna demi sebuah kecintaan, bukan sebatas penilaian secara nominal pakai uang.

Komentar