alexametrics

Gunakan Mobil Listrik, Pemilik Mengeluh Perjalanan Jadi Lama

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Gunakan Mobil Listrik, Pemilik Mengeluh Perjalanan Jadi Lama
Will Smith saat jadi sopir taksi online dengan mobil listrik Porsche Taycan Turbo S. Sebagai ilustrasi Porsche Taycan non bahan bakar minyak bumi [Youtube/Will Smith].

Ternyata bukan persoalan teknis mobil mereka, Porsche Taycan, namun karena hal ini.

Suara.com - Sepasang suami istri asal Bournemouth, Inggris mengeluh karena harus berada di jalan raya lebih dari sembilan jam, untuk melahap rute sejauh 210 km menggunakan mobil listrik. Pasangan ini mengandalkan Porsche Taycan 4S electric.

Linda Barnes dan suaminya harus mengunjungi enam lokasi pengisian baterai karena banyak stasiun recharging baterai rusak. Ketika menjumpai yang bisa beroperasi ternyata stasiun pengisian versi lama yang sangat lambat dalam memasok tenaga listrik ke baterai.

"Kami meninggalkan Bournemouth dengan jarak tempuh 72 km dan mengikuti sistem navigasi mobil ke pengisi daya cepat terdekat, tetapi perangkat pengisian tidak berfungsi," kata Linda Barnes seperti dikutip dari harian The Guardian.

Lebih lanjut, pasangan ini biasanya cukup berada di jalan raya selama dua setengah jam bila menggunakan mobil konvensional. Namun semua menjadi jauh lebih lambat saat menggunakan mobil listrik.

Baca Juga: Kado Tahun Baru, Thailand Siapkan Insentif Tukar Tambah untuk Mobil Listrik

Porsche Taycan 4S electric [Porsche UK].
Porsche Taycan 4S electric [Porsche UK].

Dan, pasangan Barnes bukan pengguna mobil listrik pertama yang mengeluh bahwa jaringan pengisian daya di Britania Raya tidak terawat dengan baik. Selain itu, stasiun pengisian sangat sulit dinavigasi melalui berbagai aplikasi.

"Seorang petugas parkir memberi tahu kami bahwa salah satu stasiun pengisian ulang sudah tidak berfungsi selama berminggu-minggu," ucap Linda Barnes.

Sebagai informasi, Porsche Taycan 4S electric pasangan ini memiliki konfigurasi 2 motor listrik yang mampu menyemburkan tenaga maksimum 522 dk dan torsi hingga 640 Nm.

Mobil ini memiliki kemampuan akselerasi 0 - 100 km per jam dalam 4 detik menggunakan launch control. Kecepatan maksimumnya, mencapai 250 km per jam.

Sementara pada varian Porsche Taycan Turbo S, power mencapai 750 dk dan torsi 1.050 Nm. Dengan tenaga dan torsi yang jauh lebih besar itu, hanya membutuhkan waktu 2,8 detik untuk berakselerasi.

Baca Juga: Beda Pengukuran, Mobil Kategori PHEV Disebut Mobil Listrik Artifisial

Kapasitas baterai, untuk Porsche Taycan 4S memiliki pilihan daya kelistrikan baterai 79,2 kWh dan 93,4 kWh. Sedangkan Porsche Taycan Turbo S, hanya tersedia 93,4 kWh. Dengan dua pilihan kapasitas baterai itu, Porsche Taycan dalam kondisi baterai penuh bisa melaju sejauh 380 - 450 km.

Komentar