alexametrics

Aksi Maling Mobil Terekam CCTV Sedang Viral, Jangan Lengah Jaga Kendaraan

RR Ukirsari Manggalani | Muhammad Yasir
Aksi Maling Mobil Terekam CCTV Sedang Viral, Jangan Lengah Jaga Kendaraan
Tindakan pencurian dengan modus operandi pecahkan kaca. ebagai ilustrasi Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Dari sebuah CCTV di kawasan Pasar Minggu Jakarta bisa disimak betapa profesionalnya komplotan maling ini.

Suara.com - Salah satu video viral hari ini (8/3/2021) adalah tayangan dari CCTV yang menangkap detik-detik komplotan spesialis pencuri mobil tengah beraksi. Terjadi di Jalan Kalibata Selatan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, objeknya adalah satu unit Toyota Avanza warna terang.

Diunggah oleh akun Instagram @wargajakarta.id, dalam video berdurasi 2 menit 48 detik ini tampak pelaku pencurian atau pengambilan secara paksa berjumlah lebih dari dua orang.

Cara mencurinya seperti bisa disimak di video unggahan itu adalah mobil operasional komplotan maling diparkir tepat di depan Toyota Avanza yang akan dicolong. Lantas dua pelaku turun dan mulai beraksi.

Satu pelaku membuka pintu bagian belakang Toyota Avanza korban, dan hanya dalam hitungan detik, pintu belakang terbuka.

Baca Juga: Bertemu U-Turn? Daihatsu Bagikan Tips Putar Balik yang Benar

Komplotan pencuri mobil sedang beraksi di Kalibata Selatan, Pasar Minggu, Jakarta dan tertangkap di layar CCTV [screenshot Instagram @wargajakarta.id].
Komplotan pencuri mobil sedang beraksi di Kalibata Selatan, Pasar Minggu, Jakarta dan tertangkap di layar CCTV [screenshot Instagram @wargajakarta.id].

Lantas pintu depan dibuka dari dalam mobil, diteruskan membuka bagian kap mesin untuk memutuskan kabel yang terkoneksi dengan alarm.

Dalam hitungan sekira tiga menit, Toyota Avanza milik warga yang diparkir di jalan itu sukses digondol komplotan pencuri kendaraan bermotor.

Kapolsek Pasar Minggu Kompol Effi M Zulkifli mengatakan pihaknya akan segera memburu komplotan pencuri itu. Namun, terlebih dahulu memastikan korban telah membuat laporan Polisi terkait pengambilan paksa atas mobil miliknya.

"Hati-hati bagi pemilik mobil yang suka parkir di jalanan tanpa pengawasan langsung," demikian tulis akun Instagram @wargajakarta.id seperti dikutip Suara.com, Senin (8/3/2021).

Imbauan atau saran yang mengingatkan kembali bahwa kegiatan memarkir mobil memang tidak bisa lepas dari cermat membaca situasi sekitar atau lingkungan.

Baca Juga: Di India, Marak Kasus Pencurian Mobil Khusus Bagian Ini

Bila memiliki garasi atau carport, lebih aman adalah di balik pagar rumah sendiri atau bukan jalan umum. Selain itu, pengamanan dengan alarm mobil ditambah kunci setang ganda. Dan tak lupa juga sertakan asuransi mobil kesayangan yang sudah dilengkapi perluasan lingkup pertanggungjawaban terhadap aksi pencurian.

Komentar