alexametrics

PT Astra Honda Motor Selenggarakan Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online 2021

RR Ukirsari Manggalani
PT Astra Honda Motor Selenggarakan Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online 2021
Ilustrasi kelas online [Pixabay/Tumisu].

Tujuan dari Astra Honda adalah meningkatkan kualitas pendidikan vokasi industri sepeda motor.

Suara.com - PT Astra Honda Motor (AHM) menggelar Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online 2021. Tujuannya meningkatkan kualitas pendidikan vokasi industri sepeda motor di tengah belajar secara daring atau online. Yaitu melalui penerapan Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) di seluruh Indonesia.

Dikutip dari kantor berita Antara, Ahmad Muhibuddin, GM Corporate Communication PT AHM menyatakan bahwa kondisi belajar-mengajar secara daring hingga saat ini menjadi tantangan bagi para guru untuk terus memberikan materi ajar. Dibutuhkan metode yang menarik dan mudah dipahami agar proses belajar bisa optimal.

"Kami berharap penguatan kompetensi guru yang terus kami lakukan, termasuk kontes kreativitas mengajar secara daring ini dapat menjaga kualitas pendidikan vokasi di Indonesia dan mencetak siswa-siswi SMK berkualitas dalam bidang otomotif roda dua," papar Ahmad Muhibuddin melalui keterangan tertulis, Selasa (1/6/2021).

Ekspor PT AHM pada Februari ini didominasi Honda Vario [Dok. PT AHM].
Produk sepeda motor PT Astra Honda Motor, sebagai ilustrasi produk [Dok. PT AHM].

Adapun pelaksanaan Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online 2021 adalah Juni-Agustus 2021 dan diikuti 3.462 guru dari 687 SMK binaan, dan mengimplementasikan Kurikulum TBSM Astra Honda di 34 provinsi.

Baca Juga: PT AHM Ungkap Nasib Pasar Motor Sport di Indonesia

Berbeda dengan tahun sebelumnya, para guru kini ditantang untuk kreatif membuat video tutorial menarik dan mudah dipahami terkait teknologi sepeda motor Honda.

Nantinya, para guru akan dinilai dari beberapa aspek seperti cara mengajar, intonasi serta pemilihan bahasa yang jelas, dan kelugasan dalam proses mengajar.

Juga materi ajar yang dibuat, cara membawakan materi, dan kesesuaian materi ajar dengan kurikulum. Sedangkan untuk video tutorial terkait teknologi sepeda motor Honda, penilaian dilihat dari sisi kualitas video, konten video, cara mempresentasikan serta narasi dalam video dalam durasi 10 menit.

"Dalam pengujian proses mengajar, para guru peserta kontes wajib membuat bahan ajar dan membawakan materi ajar yang sesuai kurikulum TBSM dengan durasi 30 menit," jelas Ahmad Muhibuddin.

Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online 2021 ini bisa diikuti para guru dari sekolah maupun rumah masing-masing. Pesertanya adalah guru di SMK yang mengimplementasikan Kurikulum TBSM Astra Honda dan sudah dapat Pelatihan Guru Modul Dasar.

Baca Juga: All New Honda CB150R Streetfire Ditargetkan Terjual 30.000 Unit Setahun

Para peserta akan diseleksi bertahap dari tingkat sekolah dan regional hingga terseleksi 27 guru SMK terbaik dari seluruh Indonesia. Mereka akan mendapatkan pengayaan kompetensi pembelajaran secara daring dari tim Learning Center AHM.

Pada tingkat nasional, penilaian akan melibatkan tim juri yang terdiri dari para profresional trainer, tim technical AHM, tim Learning Center AHM, serta juri dari kalangan profesional untuk video tutorial.

Komentar