alexametrics

Belajar Safety dari MotoGP: Ritsleting Race Suit Fabio Quartararo Terbuka, Airbag Lepas

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Belajar Safety dari MotoGP: Ritsleting Race Suit Fabio Quartararo Terbuka, Airbag Lepas
Fabio Quartararo dengan kondisi ritsleting race suit tak dikancingkan di MotoGP Catalunya (Twitter)

Tidak hanya terjadi di dunia balap, dalam keseharian bisa terjadi seperti ini. Intinya safety tak boleh kendor.

Suara.com - Bagaimana cara seorang pengguna sepeda motor menyiapkan dirinya untuk mengarungi jalanan bersama tunggangan kesayangan? Peranti wajib seperti helm, sarung tangan, sampai jaket pelindung diri, dan sepatu tertutup mesti dipenuhi. Di dunia balap seperti MotoGP lebih-lebih lagi. Kejadian rider Fabio Quartararo tidak mengancingkan atau menutup ritsleting racing suit yang ia kenakan mengundang bahaya.

Yup, saat melakoni seri MotoGP di Sirkuit Catalunya, Spanyol, rider Yamaha Fabio Quartararo berlaga dalam kondisi ritsleting baju balapnya terbuka.

Pembalap berkebangsaan Prancis ini mengatakan, baju balapnya itu mengalami kerusakan pada awal balapan MotoGP.

Jaket R2 di Bangkok Motor Show 2017, sebagai ilustrasi [Shutterstock].
Jaket pemotor di Bangkok Motor Show, sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Hasilnya dia harus mengakhiri beberapa lap terakhir dengan bagian dada terbuka sementara motor melaju dalam kecepatan tinggi.

Baca Juga: Tesla Model S Plaid Plus Secara Resmi Batal Melantai

"Di tikungan pertama racing suit saya terbuka. Saya mencoba untuk menutupnya tetapi tidak bisa," ujar Fabio Quartararo, dikutip dari Visordown.

Meskipun ada beberapa spekulasi mengenai apakah airbagnya terlepas secara tidak sengaja, ia menjelaskan kondisi terjadi sejak awal balapan, yang menyebabkan pelindungnya menempel di leher.

"Sangat mengganggu dan saya memutuskan untuk melepasnya," jelas Fabio Quartararo.

Gara-gara hal ini, ia mendapatkan hukuman dari FIM Stewards. Sehingga posisi finish ketiga di MotoGP Catalunya 2021 harus ditambah penalti tiga detik. Hasil akhirnya, Fabio Quartararo finish keempat.

Hukuman bertambah ketika Tim Ducati dan Suzuki memprotes FIM Stewards, lantaran tak memberi Fabio Quartararo sanksi untuk aksi kesengajaan membuang pelindung dada.

Baca Juga: Elon Musk Unggah Emoji Patah Hati: Bitcoin Dicoret, Kiriman Mobil Terhenti

FIM Stewards mengabulkan protes, sehingga akhirnya Fabio Quartararo finish keenam di MotoGP Catalunya 2021.

Nah, itu masih berbicara prestasi. Bagaimana bila ada kejadian di trek yang membutuhkan airbag sementara bendanya tidak ditemukan karena satu dan lain hal? Yaitu racing suit yang mestinya tertutup rapat malah menganga? Nyawa jadi taruhan, bukan?

Komentar