alexametrics

Touring Wonderful Ride Indonesia Menuju Anyer, Ini Imbauan Menparekraf

RR Ukirsari Manggalani
Touring Wonderful Ride Indonesia Menuju Anyer, Ini Imbauan Menparekraf
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno melepas rombongan Touring Wonderful Ride Indonesia menuju Anyer, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Rabu (16/6/2021). [ANTARA/HO]

Program Wonderful Ride Indonesia digagas Perkumpulan Wisata Otomotif Indonesia (PWOI).

Suara.com - Setelah mengenalkan program Wonderful Ride Indonesia yang dihadiri para selebritis serta biker seperti Tora Sudiro dan Darius Sinathrya, pada Rabu (16/6/2021), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno melepas rombongan touring ini. Bertujuan bermotor ke Anyer, seremoni pengibasan bendera tanda start berlangsung di Gedung Sapta Pesona, Jakarta.

Dikutip dari kantor berita Antara, kegiatan touring yang baik bakal mampu menghilangkan stigma pengendara klub motor yang ugal-ugalan dan arogan.

Oleh karena itu, komunitas motor perlu membawa misi sosial dan juga edukasi yang ingin disampaikan, termasuk edukasi safety riding dan etika berkendara.

"Saya ingin teman-teman komunitas yang akan melaksanakan touring dapat menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin. Sehingga, tercipta rasa aman dan nyaman saat berkendara. Hati-hati di jalan, semoga touring ini berjalan dengan lancar," ungkap Sandiaga Uno, yang dikutip kantor berita Antara dari siaran resmi, Kamis (17/6/2021).

Baca Juga: Tora Sudiro dan Darius Sinathrya Sukseskan Wonderful Ride Racikan Menparekraf

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno bersama dengan para peserta Wonderful Ride (ANTARA/Ho)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno bersama dengan para peserta Wonderful Ride (ANTARA/Ho)

Dari pemberangkatan rombongan Touring Wonderful Ride Indonesia menuju Anyer, di Gedung Sapta Pesona, komunitas otomotif ini akan menuju Anyer pada 19 – 20 Juni 2021. Harapan Menparekraf, mereka tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan berbasis CHSE (Kebersihan, Kesehatan, Keamanan, Kelestarian Lingkungan).

Program Wonderful Ride Indonesia adalah gerakan yang digagas Perkumpulan Wisata Otomotif Indonesia (PWOI) untuk mendorong pemberdayaan wisata berbasis otomotif di Indonesia.

Kegiatan touring kali ini diinisiasi salah satu komunitas otomotif yang tergabung di dalam PWOI, yaitu Simple Community Bogor dan Simple Community Lampung.

Dikatakan Sandiaga Uno, konsep atau tren pariwisata ke depan akan disesuaikan (customize) dengan kebutuhan wisatawan secara spesifik, menjurus kepada kearifan lokal (localize), wisata yang dilakukan bersama dengan keluarga (personalize), dan tidak berbondong-bondong atau dalam jumlah lebih sedikit (smaller size).

Wisata berbasis otomotif ini sejalan dengan konsep itu, sekaligus memberikan pengalaman berwisata lebih bagi wisatawan.

Baca Juga: Pencinta Touring Wajib Paham Ini Sebelum Melakukan Riding Jarak Jauh

Ditambahkan pula oleh Menparekraf bahwa kegiatan ini tidak hanya bertujuan menggeliatkan perekonomian pariwisata, namun meningkatkan minat masyarakat untuk berwisata menggunakan kendaraan pribadi, sekaligus mengkampanyekan wisata berkendara yang aman.

Komentar