alexametrics

Apakah Perlu Matikan AC Mobil di Tanjakan Curam?

Liberty Jemadu | Manuel Jeghesta Nainggolan
Apakah Perlu Matikan AC Mobil di Tanjakan Curam?
Mematikan AC mobil saat melibas tanjakan bisa membantu mesin lebih maksimal. Foto: Ilustrasi menyalakan AC mobil. [Shutterstock]

Ketika AC mobil aktif, maka kompresor bisa menjadi beban bagi mesin.

Suara.com - Melewati tanjakan yang curam adalah salah satu tantangan dalam mengemudi. Banyak yang bilang, salah satu cara agar bisa melibas tanjakan dengan mulus adalah dengan mematikan AC mobil.

Mengapa AC perlu dimatikan? Tujuannya memaksimalkan tenaga mesin agar bisa melalui jalanan tersebut dengan mudah dan mencegah mobil mundur ke belakang karena kurang tenaga.

Lalu apakah informasi ini benar?

Menurut Hyundai Indonesia, mematikan AC saat melintas tanjakan curam bisa membantu mobil untuk mengeluarkan tenaga lebih maksimal. Sistem AC bekerja dengan kompresor yang diputar oleh mesin. Ketika AC aktif, maka kompresor bisa menjadi beban bagi mesin karena harus diputar.

Baca Juga: Potret Suzuki Ertiga Gagal Taklukkan Tanjakan, Warganet Sebut Jalan Licin

Karena itu, memang benar bila ingin tenaga tambahan, mematikan AC bisa menjadi solusinya. Tapi, cara ini - yakni mematikan AC - hanya berlaku untuk mesin kecil. Karena pada mesin dengan tenaga yang kecil, beban AC secara persentase menjadi besar. Misalnya bisa merampas hingga 10 persen tenaga.

Pada mesin besar, tenaga yang dihasilkan cukup besar sehingga untuk memutar kompresor AC, hanya perlu angka yang kecil, misalnya 3 persen di mana angka tersebut tidaklah signifikan.

Selain mematikan AC ada beberapa tips lain yang bisa dipelajari saat mobil melewati jalan tanjakan curam. Misalnya menurut Honda, ada dua tips dasar saat melewati tanjakan.

Pertama, jika kamu mengemudikan mobil manual maka selalu gunakan gigi rendah. Gunakan gigi 2 untuk tanjakan agak landai dan gigi 1 untuk tanjakan curam. Tidak disarankan untuk menggunakan setengah kopling saat menanjak, karena dapat menyebabkan kopling cepat habis.

Sementara pada mobil matic atau otomatis, transmisi D dapat di gunakan pada semua kondisi jalan. Mobil akan secara otomatis memilih gigi yang tepat untuk setiap kondisi jalan.

Baca Juga: 3 Langkah Mengemudi Aman di Tanjakan, Jangan Lupa Beri Napas Mobil

Kedua, saat terjebak macet atau harus berhenti mendadak di tanjakan, selalu gunakan rem tangan agar mobil tidak mundur. Ketika hendak menjalankan mobil, lepas rem tangan dan pedal kopling secara perlahan, dan tekan pedal gas secukupnya.

Komentar