alexametrics

Tim Patroli Vaksin, Pakai Motor dan Mobil Monitoring Kartu Sampai Prokes

RR Ukirsari Manggalani
Tim Patroli Vaksin, Pakai Motor dan Mobil Monitoring Kartu Sampai Prokes
Kapolres Metro Bekasi Komisaris Besar Hendra Gunawan melepas tim patroli vaksin di Lapangan Promoter Mapolres Metro Bekasi, Desa Simpangan, Kecamatan Cikarang Utara, Senin (26/7) [ANTARA/Pradita Kurniawan Syah].

Polres Bekasi mengerahkan tim patroli vaksin dari Satuan Lalu Lintas.

Suara.com - Kepolisian Resor Metro Bekasi mengerahkan tim patroli vaksin dari Satuan Lalu Lintas atau Satlantas yang bertugas dengan kendaraan roda empat maupun roda dua. Tugasnya melakukan pengecekan status vaksinasi warga di wilayah hukum Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Dikutip dari kantor berita Antara, Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Metro Bekasi AKBP Argo Wiyono mengatakan Polisi dari Satlantas telah diterjunkan bersama sepeda motor dan mobil untuk melakukan patroli ke seluruh sektor aktivitas masyarakat. Mulai kawasan permukiman dan komunitas dari pintu ke pintu, perkantoran, hingga kawasan industri.

Tugas utama tim patroli vaksin adalah melakukan pendataan warga yang berstatus sudah maupun belum tervaksin.

"Biasanya kami menanyakan surat-surat kendaraan, sekarang menanyakan surat atau kartu vaksin," paparnya.

Baca Juga: Pertahankan Gelar Juara Olimpiade, Perenang Inggris Adam Peaty Geber Cupra Formentor

Ilustrasi Kartu Vaksinasi Covid-19. [Suara.com]
Ilustrasi Kartu Vaksinasi Covid-19. [Suara.com]

AKBP Argo Wiyono menyatakan bahwa kartu vaksinasi saat ini sifatnya wajib seperti SIM (Surat Izin Mengemudi) dan harus dimiliki seluruh masyarakat yang sudah memenuhi syarat.

Melalui patroli vaksin ini diharapkan mempercepat herd immunity di wilayah Kabupaten Bekasi ini.

"Tujuan utamanya itu, salah satu upaya penanganan agar kasus COVID-19 tidak terjadi kenaikan tinggi dan termasuk menekan angka kematian," tandas AKBP Argo Wiyono.

Tim patroli vaksin ini juga bertugas melakukan imbauan protokol kesehatan 5M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

"Tim patroli vaksin juga akan mengecek pelaksanaan isolasi bagi warga yang sedang menjalani isolasi mandiri," lanjutnya.

Baca Juga: Obituari: Descanse En Paz Hugo Millan, Rider Spanyol yang Wafat di Usia Belia

Sementara itu, Kapolres Metro Bekasi Komisaris Besar Polisi Hendra Gunawan mengatakan tim patroli vaksin diterjunkan sebagai upaya mendukung pemerintah menyukseskan akselerasi vaksinasi masyarakat guna mempercepat terciptanya kekebalan kelompok.

"Kami ingin angka mortalitas dan fatalitas COVID-19 turun, khususnya di wilayah hukum kami," katanya usai melepas tim patroli vaksin di Mapolres Metro Bekasi, Senin (26/7/2021).

Memasuki Perlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level 4, pengawasan protokol kesehatan di Kabupaten Bekasi semakin ditingkatkan untuk menurunkan level kasus. Masyarakat juga sedianya sudah mulai sadar akan pembatasan mobilitas di level ini.

Komentar