alexametrics

Semester Perdana, Toyota Pegang Ranking Pertama Mobil Terlaris Dunia

RR Ukirsari Manggalani
Semester Perdana, Toyota Pegang Ranking Pertama Mobil Terlaris Dunia
Toyota GR Yaris , salah satu produk Toyota yang banyak disukai konsumen global [Toyota Thailand].

Toyota menjadi produsen mobil terlaris di dunia periode Januari-Juni 2021.

Suara.com - Toyota Motor Corporation unggul atas pesaing beratnya, Volkswagen dalam penjualan mobil global sepanjang semester pertama 2021. Perusahaan asal Jepang itu membukukan prestasi mengirim 5,47 juta unit kendaraan menurut data perusahaannya pada Kamis (29/7/2021).

Dipetik kantor berita Antara dari Kyodo, Toyota sebagai produsen mobil terlaris sedunia untuk paruh pertama tahun ini menunjukkan pemulihan dari dampak virus Corona di sektor otomotif. Sekaligus membuktikan resistansi atas krisis chip global.

Seorang pejabat Toyota mengatakan produsen mobil telah mampu mengatasi dampak dari kekurangan semikonduktor global.

Daihatsu Thor untuk pasar domestik Jepang yang dilengkapi seat lift [Daihatsu].
Daihatsu Thor untuk pasar domestik Jepang yang dilengkapi seat lift dan tergolong mobil mini compact. Sebagai ilustrasi produk anak perusahaan Toyota yang turut menyumbang sukses penjualan  [Daihatsu].

Rekor penjualan Toyota sebelumnya untuk semester pertama 2019 adalah laku sekitar 5,31 juta unit kendaraan secara global. Adapun pasar utamanya adalah Amerika Serikat dan China.

Baca Juga: Kebijakan Land Cruiser Dilarang Dijual Kembali dalam Setahun, Toyota Berikan Pernyataan

Kurun Januari hingga Juni, permintaan atas model-model baru Toyota banyak diminati di Amerika Utara dan China. Kondisi ini mengangkat penjualan luar negeri Toyota mencapai rekor 4,3 juta unit kendaraan, melonjak 36,5 persen year-on-year atau YoY.

Ilustrasi truk Hino. [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan]
Truk Hino, buatan anak perusahaan Toyota untuk sektor truk komersial.  Sebagai ilustrasi anak perusahaan Toyota yang ikut sukseskan penjualan global Toyota [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan]

Di Jepang sendiri, Toyota melaporkan peningkatan penjualan sebesar 15 persen menjadi 1,17 juta kendaraan, termasuk mobil compact dengan mesin hingga 660 cc.

Pada periode Januari-Juni, Toyota menjual 5.467.218 kendaraan di seluruh penjuru dunia, naik 31,3 persen dari tahun sebelumnya. Angka ini termasuk yang dijual anak perusahaan manufaktur untuk kendaraan mini compact yaitu Daihatsu Motor Company, serta pembuat truk Hino Motors Ltd.

Semester rival Toyota, Volkswagen menjual 4.978.200 unit kendaraan pada periode yang sama, atau naik 27,9 persen dari tahun sebelumnya.

Baca Juga: Nissan Optimis Kekurangan Chip Global Mulai Mereda