alexametrics

Tips Merawat Sistem Injeksi Sepeda Motor

Liberty Jemadu
Tips Merawat Sistem Injeksi Sepeda Motor
Yamaha Vixion R menggunakan ban tubeless berpermukaan lebar, monocross suspension serta aluminum rear arm bobot ringan [PY YIMM].

Sistem injeksi motor penting dirawat agar menjaga performa mesin tetap optimal.

Suara.com - Teknologi injeksi sudah banyak digunakan pada sepeda motor saat ini. Yamaha misalnya menggunakan teknologi injeksi sejak 2007, setelah meluncurkan Yamaha Vixion. Honda dua tahun lebih cepat dengan memperkenalkan Honda Supra X125 PGM-FI.

Meski sudah cukup lama di pasaran, sayang belum banyak orang paham soal merawat sistem injeksi pada sepeda motor.

"Teknologi injeksi yang digunakan pada sepeda motor, membutuhkan beberapa hal yang perlu diperhatikan konsumen supaya kondisinya tetap bagus,” ungkap Muslian, Manager Service Main Dealer Yamaha PT. Thamrin Brothers dalam siaran pers yang diterima Selasa (24/8/2021).

Berikut tips perawatan sistem injeksi pada sepeda motor :

Baca Juga: Kendaraan Warna Doff? Ini Tips Merawat Motor Agar Tampil Keren

1. Injector & throttle body
Motor wajib menjalani perawatan rutin setiap telah menempuh jarak 10.000 km. Di momen ini, injector perlu dibersihkan untuk menjaga performa mesin. Di bengkel-bengkel resmi Yamaha, prosedur ini dilakukan dengan injector cleaner.

2.Tangki bahan bakar
Pada periode service tertentu dilakukan pengurasan tangki karena dikhawatirkan terdapat kandungan air dan debu atau kotoran yang membahayakan mesin.

3.Fuel pump dan filter
Pengecekan dan pembersihan filter dan pompa bahan bakar dilakukan agar bahan bakar terbebas dari partikel-partikel asing yang menyebabkan performanya menurun.

4.Tekanan pompa bahan bakar
Pengecekan tekanan bertujuan agar bahan bakar keluar secara normal, tidak kelebihan tekanan atau pun kekurangan. Jika tekanan pada pompa bahan bakar dibawah standar yang sudah ditetapkan, maka hal ini bisa menyebabkan bahan bakar yang dibutuhkan tidak sesuai dengan kebutuhan mesin, yang berakibat performa menurun.

5.Saringan udara
Throttle body memiliki sensor di dalamnya. Apabila udara tidak bersih maka akan ada penyumbatan di sensor tersebut atau pembacaan sensor bermasalah. Akibatnya akan mempengaruhi kinerja dari sistem injeksi / sepeda motor.

Baca Juga: Serba Salah Kaprah, Ini 5 Mitos tentang Merawat Motor yang Paling Populer

Untuk perawatan filter udara sebenarnya sangat mudah, lokasinya pun tidak terlalu sulit dijangkau, dapat dibuka menggunakan obeng. Dan jika kotor bisa dibersihkan menggunakan kuas atau penyemprot udara. Pengguna motor juga bisa ke bengkel resmi jika sulit membuka saringan udara sendiri.

Komentar