alexametrics

Apple Mulai Dekati Toyota untuk Proyek Apple Car?

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Apple Mulai Dekati Toyota untuk Proyek Apple Car?
Logo Apple [Free-Photos/Pixabay]

Disebutkan sebelum pendekatan dengan carmaker Jepang, Apple juga pernah ngobrol dengan pabrik Korea Selatan dan Eropa.

Suara.com - Apple diam-diam dikabarkan sedang mendekati Toyota dalam pengembangan tahap akhir Apple Car.

Seperti dilaporkan Digitimes, eksekutif Apple saat ini sedang mengunjungi Asia dalam kaitan membahas kesepakatan dengan sejumlah pihak ketiga untuk pasokan komponen.

Grup SK Korea Selatan dan LG Electronics dilaporkan telah terlibat dalam pembicaraan pasokan dengan Apple awal tahun ini. Dan sekarang pembuat iPhone itu sedang mencoba mencari informasi terkait perusahaan yang bisa diajak kerja sama menjadi bagian dari rencana manufaktur bagi Apple Car.

Alhasil nama pembuat mobil asal Jepang, Toyota disebut sudah mulai melakukan pembicaraan. Walaupun diyakini pembicaraan yang dilakukan saat ini masih dalam tahap awal.

Baca Juga: TYCI HUT ke-15, Beri Apresiasi Kepada Atlet Angkat Besi Olimpiade

All-New Toyota Mirai adalah generasi kedua Toyota Mirai (2014)  [Toyota Global].
All-New Toyota Mirai adalah generasi kedua Toyota Mirai (2014). Sebagai ilustrasi salah satu produk mobil listri Toyota  [Toyota Global].

Keputusan Apple menggandeng Toyota dalam urusan manufaktur memang sedikit mengejutkan. Pasalnya perusahaan diyakini sedang melakukan kolaborasi dengan usaha patungan yang dibentuk oleh LG dan Magna.

Kolaborasi ini memungkinkan Apple melakukan strategi pendekatan yang mirip dengan yang digunakan iPhone. Di mana kolaborasi dilakukan dengan sistem kontrak.

Langkah perusahaan yang berbasis di Cupertino, Amerika Serikat dalam merangkul perusahaan pembuat mobil memang bukan hal baru. Sebelumnya Apple dikatakan telah melakukan pembicaraan dengan Hyundai, tetapi negosiasi berakhir setelah perusahaan Korea Selatan membocorkan proyek mereka.

Akhirnya pembuat iPhone memutuskan untuk tidak melanjutkan pembicaraan dan mencoba mencari pihak lain untuk menangani produksi Apple Car.

Menurut sumber yang mengetahui informasi ini, Apple juga mengadakan pembicaraan dengan Nissan, Renault, dan beberapa produsen mobil lainnya.

Baca Juga: Toyota Digitalize Berikan Kemudahan untuk Aktivitas Jual Beli Mobil

Komentar