alexametrics

Beda dengan Kendaraan Roda Dua Biasa, Motor Tipe Sport Perlu Perawatan Khusus

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Beda dengan Kendaraan Roda Dua Biasa, Motor Tipe Sport Perlu Perawatan Khusus
Suzuki Hayabusa, sebagai ilustrasi motor tipe sport [Suzuki Global].

Selaras harga, perawatan motor tipe sport juga istimewa.

Suara.com - Perawatan motor tipe sport bisa disebut lebih mahal jika dibandingkan dengan motor biasa. Akan tetapi menilik peruntukannya sebagai kendaraan hobi, bukan sehari-hari, maka situasi ini bisa dipahami.

Di sisi lain, melakukan perawatan motor sport secara garis besar sama dengan mengurus sepeda motor pada umumnya.

Hanya, ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian khusus. Berdasarkan pemaparan Suzuki Indonesia, ada beberapa catatan. Seperti tidak melakukan bongkar pasang terus-menerus.

Berikut tips perawatan sepeda motor sport:

Baca Juga: Piaggio Siap Rilis Sepeda Motor Listrik Rp 50 Jutaan, Tampilannya Ramping

Panasi Mesin Motor Setiap Hari

  • Sebagai salah satu cara menjaga performanya tetap prima, motor sport harus dihidupkan mesinnya setiap hari. Entah mau dipakai untuk bepergian ke suatu tempat atau tidak. Namun yang pasti, memanasi mesin harus dilakukan secara rutin.
  • Memanaskan mesin semacam ini gunanya untuk menjaga komponen-komponen yang ada di dalam mesin motor agar tetap bisa bekerja secara maksimal dan sesuai tugasnya. Dengan demikian, mesin motor tidak cepat rusak meskipun jarang digunakan.

Pilih Bahan Bakar yang Memiliki Kualitas Terbaik

  • Motor sport adalah motor mahal. Disayangkan apabila tidak dirawat dengan baik dan kemudian mengalami kerusakan. Oleh sebab itu, banyak hal yang harus benar-benar diperhatikan agar motor tidak cepat rusak. Salah satunya dalam pemilihan bahan bakar.
  • Motor sport sebaiknya menggunakan bahan bakar yang memiliki kualitas terbaik. Sebagaimana seluruh komponen-komponen motor terbuat dari bahan yang berkualitas tinggi, selaraskan pula dengan bahan bakarnya.

Lakukan Pengecekan Oli Secara Rutin

  • Oli adalah komponen pelumas seluruh bagian mesin. Oleh karena itu, untuk motor sport kondisi oli merupakan hal yang tidak boleh luput dari perhatian. Oli harus dicek kondisinya secara rutin.

Pantau Kondisi Sistem Kelistrikan

  • Sistem kelistrikan motor sport pun juga tidak boleh luput dari perhatian. Tanpa adanya komponen ini, mesin motor tidak akan bisa bekerja sebagaimana mestinya.
  • Pantau secara berkala agar motor tetap nyaman saat dikendarai.
  • Terlebih bagi motor sport yang hanya menggunakan starter electric. Pengecekan kondisi sistem kelistrikan bisa dilakukan melalui aki. Apakah aki masih layak digunakan atau tidak.

Periksa Kondisi Rantai dan Ban

Baca Juga: Piaggio Luncurkan Empat Produk Baru Aprilia dan Moto Guzzi, Siap Memicu Adrenalin

  • Jangan lupa pula untuk memeriksa kondisi rantai dan ban motor. Pastikan keduanya aman digunakan untuk berkendara. Apabila menemui ban motor sudah dalam kondisi halus, segera lakukan penggantian.
  • Rantai motor juga tidak boleh dibiarkan dalam kondisi terlalu kering. Harus memiliki pelumas agar tidak mudah rusak dan aman digunakan. Apabila rantai sudah kendor, segera ganti dengan yang baru.

Jangan Memarkir Motor di Tempat Panas

  • Paparan sinar matahari terlalu sering juga tidak baik bagi motor sport. Motor sport yang diparkir di tempat terbuka dan terkena sinar matahari langsung dalam waktu yang lama, bisa mengakibatkan fairing mengeras, kaku, kemudian pecah.
  • Jika hal ini terjadi, tampilan motor tidak lagi menarik. Warnanya pun akan terlihat memudar. Maka sebaiknya pilih tempat parkir yang teduh untuk menjaga tampilan motor sport.

Jangan Terlalu Sering Melakukan Bongkar Pasang

  • Untuk merawat motor sport agar tetap dalam kondisi baik, hindari melakukan bongkar pasang terlalu sering, meskipun paham betul ilmu otomotif. Apalagi bagian bautnya.
  • Hindari mengganti baut asli bawaan pabrik dengan yang lainnya. Jenis baut yang berbeda bisa merusak lubang dan fairing. Selain itu, jangan terlalu kencang memutar baut agar tidak merusak bagian fairing.

Komentar