alexametrics

Hyundai Kembangkan Robot Penjaga Keamanan Pabrik, Bisa Menyamar Bak Komponen

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Hyundai Kembangkan Robot Penjaga Keamanan Pabrik, Bisa Menyamar Bak Komponen
Perhatikan lokasi Spot berdiri di antara lini produksi mobil yang berhenti setelah jam kerja pabrik Hyundai selesai. Produk ini dibuat Boston Dynamics dan Hyundai [Hyundai via Autoevolution].

Dimensi lebih kecil dari manusia, bisa berjalan di area sempit, naik tangga, merangkak di bawah meja, melihat di tempat gelap.

Suara.com -
Hyundai dan Boston Dynamics bekerja sama mengembangkan robot penjaga berkaki empat yang disebut sebagai Spot. Bisa dilihat di gambar pertama laman ini, tampilannya menyaru dengan komponen sekitar. Unik, bukan?

Dilengkapi teknologi Artificial Intelligence (AI), robot ini nantinya akan menggantikan tugas manusia untuk menjaga keamanan pabrik setelah seluruh aktivitas kerja selesai.

Dilengkapi kamera termal terintegrasi dan LiDAR 3D, Spot mampu mendeteksi area bersuhu tinggi dan memperingatkan pemadam kebakaran akan potensi bahaya.

Selain itu, peta 3D terintegrasi memungkinkannya menjelajahi pabrik dan memeriksa pintu yang terbuka atau mendeteksi tamu tak diundang masuk ke area pabrik.

Baca Juga: Pabrik Hyundai di Cikarang Siap Beroperasi Akhir Tahun, Saat Ini Trial Production

Spot akan membantu mendeteksi risiko dan mengamankan keselamatan orang-orang di lokasi industri  [Hyundai via Autoevolution].
Spot akan membantu mendeteksi risiko dan mengamankan keselamatan orang-orang di lokasi industri [Hyundai via Autoevolution].

"Robot layanan keselamatan pabrik adalah proyek kolaborasi pertama dengan Boston Dynamics. Spot akan membantu mendeteksi risiko dan mengamankan keselamatan orang-orang di lokasi industri," ujar Dong Jin Hyun, Kepala Lab Robotika Grup Motor Hyundai, dikutip dari Autoevolution.

Ia menambahkan, tentu saja robot ini tidak akan bisa menembak layaknya manusia. Tetapi setidaknya bisa menangkap gambar dan mengirimnya langsung ke halaman web sebagai pusat kontrol.

Spot sendiri memiliki sejumlah fitur canggih untuk dapat mengambil foto dan menunjukkan siapa yang ceroboh membiarkan loker terbuka.

Selain itu, berkat ukurannya yang kecil dibandingkan dengan manusia, ia dapat berjalan di area yang sempit. Robot pengaman baru ini bahkan dapat menaiki tangga, merangkak di bawah meja dan melihat di tempat gelap.

Hyundai telah menguji robot baru di pabrik Kia di Korea Selatan. Perusahaan pembuat mobil ini berencana untuk menggunakan memperkenalkan robot penjaga di semua pabriknya.

Baca Juga: Solusi Perubahan Iklim Bersama Mobil Listrik, KBRI Seoul Andalkan Hyundai IONIQ 5

Komentar