alexametrics

Juara MotoGP 1990-an Mick Doohan Sebut Sirkuit Mandalika Lokasi Wisata Balapan

RR Ukirsari Manggalani
Juara MotoGP 1990-an Mick Doohan Sebut Sirkuit Mandalika Lokasi Wisata Balapan
Legenda balap motor dunia asal Australia, Mick Doohan. Ia menjuarai MotoGP lima tahun berturut-turut: 1994 - 1998 [AFP/Upali Aturugiri]

Balapan sembari wisata, atau wisata sambil menonton balap? Itulah kemasan Sirkuit Mandalika dalam pandangan Mick Doohan.

Suara.com - "Saya takut pembalap tak bisa membedakan mana balap, mana liburan. Karena konsep sirkuit Mandalika ini bisa dibilang wisata balapan, jadi di sini pembalap, penonton dan semua yang terlibat dalam MotoGP Mandalika bisa menikmati suasana konsep sirkuit yang menempel dengan pantai ini," pendapat itu disampaikan Mick Doohan, juara MotoGP 1994-1998 saat menghadiri Pre-Launching Mandalika Grand Prix Association, sekitar dua tahun lalu (23/11/2019).

Mick Doohan yang memiliki putra bernama Jack Doohan--saat ini terjun di balap FIA Formula 3--juga menilai sirkuit Mandalika begitu menantang. Komentar itu disampaikannya setelah melihat desain dan layout road circuit ini.

"Setelah melihat simulasi lintasan dan layout-nya ini sangat hebat. Termasuk lintasan cepat, yang artinya balapan akan keren dan menarik bagi para pembalap," tukasnya.

Legenda balap motor, Michael 'Mick' Doohan (kanan) saat menghadiri acara Pre Launching Mandalika Grand Prix Association (MGPA) di SCBD, Jakarta, Sabtu (23/11/2019). (Suara.com/ Arief Apriadi)
Legenda balap motor, Michael 'Mick' Doohan (kanan) saat menghadiri acara Pre Launching Mandalika Grand Prix Association (MGPA) di SCBD, Jakarta, Sabtu (23/11/2019). (Suara.com/ Arief Apriadi)

Mick Doohan pun memprediksi kompetisi akan berjalan sengit dan para rider akan merasakan sensasi yang luar biasa ketika berpacu di sirkuit itu.

Baca Juga: Rolls-Royce Motor Cars Paparkan Perjalanan Elektrifikasi Produk, Termasuk 103EX

"Perubahan terjadi secara cepat dari satu titik ke titik lainnya. Artinya, akan berlangsung balapan yang sangat ketat. Pemenangnya akan ditentukan pada lap terakhir. Sangat menarik," pujinya.

Dikutip dari kantor berita Antara, kekinian sudut pandang Mick Doohan itu diangkat kembali sebagai salah satu penyemangat bakal dilangsungkannya kejuaraan dunia World Superbike (WSBK) 2021 dan test pra-musim MotoGP 2022.

Direktur Strategi dan Komunikasi MGPA Happy Harinto menilai pernyataan legenda MotoGP  Mick Doohan tadi adalah kampanye positif bagi Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Indonesia.

"Jadi, pernyataan Mick Doohan itu adalah kampanye yang baik bagi Indonesia. Ini karena hanya di Mandalika, para pembalapnya dan penontonnya bisa sekalian plesiran," tukas Happy Harinto di Pantai Mandalika, Kawasan KEK Mandalika, Lombok Tengah, Senin (27/9/2021).

Meski menjadi sirkuit baru di dunia, namun sirkuit MotoGP Mandalika menjadi salah satu sirkuit yang tercepat waktu pembangunannya. Sebagai perbandingan dengan sesama tetangga Asia Tenggara, Sirkuit Buriram di Thailand membutuhkan empat tahun.

Baca Juga: Sirkuit Mandalika Lombok Masih Tahap Penyelesaian, Viral Ada Kerbau Jajal Lintasannya

"Kenapa Mandalika itu tercepat pembangunanya, ini karena untuk meningkatkan pariwisata, khususnya olahraga otomotif di Indonesia," tambah Happy Harinto.

Sementara salah satu keunikan lainnya adalah jumlah tikungan mencapai 17, sementara sirkuit-sirkuit lain di dunia hanya memiliki sekitar 14 atau 15 tikungan.

"Tes pra-musim di Mandalika itu bila melihat suhu dan angin luar biasa. Menjadi tantangan untuk ban dan mesin. Teknologi, sepatu, helm, semuanya akan diuji coba di sini. Maka, kita harus bersyukur karena Mandalika jadi pusat risetnya. Tapi, tetap kita ikuti prokes COVID-19 dari pemerintah," pungkas Happy Harinto.

Gelaran WBSK ang digelar di Sirkuit Mandalika bakal menjadi seri ke-13, berlangsung 19-21 November 2021. Sedangkan tes pra-musim MotoGP dijadwalkan 11-13 Februari 2022.

Komentar