alexametrics

Hilangkan Tombol Klakson, Hyundai Ajukan Paten Layar Besar di Tengah Setir

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Hilangkan Tombol Klakson, Hyundai Ajukan Paten Layar Besar di Tengah Setir
Ilustrasi setir atau kemudi (Pexels/9150foto)

Ada beberapa pertanyaan menyusul rencana ini: pindah ke manakah aibag bagi pengemudi yang biasanya ditempatkan di tengah kemudi?

Suara.com - Hyundai baru-baru ini mengajukan sebuah paten baru sebagai bagian teknologi masa depan. Peruntukannya adalah di lingkar kemudi atau bagian setir.

Perusahaan otmotif asal Korea Selatan itu mengajukan paten berupa lingkar kemudi yang tidak lagi menggunakan tombol klakson.

Dalam gambar paten terlihat, Hyundai mengganti tombol klakson dengan sebuah layar. Nantinya, layar ini akan bekerja menggantikan panel instrumen konvensional yang biasanya ada di belakang setir.

Markas Hyundai di Korea Selatan,. Sebagai ilustrasi [Hyundai via ANTARA].
Markas Hyundai di Korea Selatan,. Sebagai ilustrasi [Hyundai via ANTARA].

Melansir Drive, layar di tengah setir ini juga berfungsi menghadirkan sejumlah informasi seperti putaran mesin, kecepatan, dan lain-lainnya. Posisinya juga melintang dari kiri ke kanan, tepat di bawah posisi mengemudi dengan dua tangan berada di jam 9-3 seperti biasanya.

Yang menjadi tanda tanya adalah untuk urusan keamanan. Posisi setir yang terus bergerak diperkirakan akan membuat layar juga mengikuti pergerakan. Tentu saja pengemudi akan kesulitan jika harus melihat informasi dari layar yang tidak berada di posisi tetap atau diam.

Baca Juga: Mobil Listrik Kia EV6 Laris Manis, All-New Kia Sportage Cetak Penjualan di Pasar Global

Selain itu posisinya juga berada di bawah mata pengemudi. Pengemudi harus mengalihkan pandangannya ke bawah dan memerlukan waktu untuk mencerna informasi.

Selain itu, posisi airbag juga dipertanyakan. Apakah posisi airbag akan dipindah atau justru Hyundai memilih untuk tidak lagi menyematkan airbag di balik lingkar kemudi?

Komentar