alexametrics

Nilai Saham Tesla Tembus Satu Triliun Dolar, Elon Musk Kantongi Banyak Keuntungan

RR Ukirsari Manggalani
Nilai Saham Tesla Tembus Satu Triliun Dolar, Elon Musk Kantongi Banyak Keuntungan
Posisi Tesla dalam bursa saham Wall Street beberapa saat lalu, menembus tiga raksasa carmaker yang lama berjaya secara global. Sebagai ilustrasi [Teslarati, u/brandude87].

Tesla dapat pesanan banyak, dan lewat opsi paket pembayaran, Elon Musk bisa membeli saham yang masih tersedia di Tesla.

Suara.com - Dalam perdagangan pasar saham Amerika Serikat, Senin (2/10/2021), nilai saham Tesla Incorporation melampaui satu triliun dolar Amerika Serikat (AS). Kondisi ini memberikan keuntungan ganda bagi Elon Musk selaku Chief Executive Officer (CEO) Tesla, pemegang saham terbesar perusahaan pembuat mobil listrik itu.

Dikutip dari kantor berita Antara, saham Tesla melonjak 12,7 persen di tengah berita bahwa Tesla mendapatkan pesanan terbesar dari perusahaan rental mobil Hertz.

Menurut Refinitiv, saham Tesla mencetak rekor penutupan tertinggi di 1.024,86 dolar AS, dengan 23 persen kepemilikan Elon Musk di perusahaan bernilai triliunan dolar itu mencapai sekitar 230 miliar dolar AS.

Pendiri dan CEO Tesla Elon Musk saat memperkenalkan Tesla Cybertruck bertenaga baterai dalam launching di Tesla Design Center di Hawthorne, California, Amerika Serikat beberapa tahun lalu [AFP/Frederic J. Brown].
Pendiri dan CEO Tesla Elon Musk saat memperkenalkan Tesla Cybertruck bertenaga baterai dalam launching di Tesla Design Center di Hawthorne, California, Amerika Serikat beberapa tahun lalu [AFP/Frederic J. Brown].

Saham itu termasuk opsi senilai lebih dari 50 miliar dolar AS yang telah diberikan di bawah paket kompensasi Elon Musk di 2018.

Baca Juga: Terjadi Kendala Software, Tesla Tarik Versi Baru Full-Self Driving

Selain itu, ia adalah pemegang saham utama dan CEO SpaceX, sebuah perusahaan swasta bidang aviasi luar angkasa yang memiliki nilai 100 miliar dolar AS dalam penjualan saham sekunder Oktober, seperti disebutkan CNBC.

Elon Musk tidak menerima gaji di Tesla. Paket pembayarannya menyediakan 12 opsi ketika kapitalisasi pasar dan pertumbuhan keuangan Tesla mencapai serangkaian hasil yang meningkat.

Opsi ini memungkinkan Elon Musk membeli saham Tesla masing-masing seharga 70 dolar AS, atau diskon lebih dari 90 persen dari harga saat ini.

Pekan lalu, Tesla melaporkan pendapatan yang disesuaikan sebelum bunga, pajak, depresiasi dan amortisasi (EBITDA) sebesar 3,2 miliar dolar AS, melonjak 77 persen dari tahun sebelumnya. Itu cukup untuk memberikan opsi ketujuhnya, senilai lebih dari 8 miliar dolar AS pada Senin (25/10/2021).

Penilaian pasar saham rata-rata enam bulan untuk Tesla adalah lebih dari 650 miliar dolar AS, membuka jalan untuk semua 12 opsi dalam paket pembayaran Elon Musk, jika perusahaan mencapai target yang semakin tinggi terkait dengan pendapatan dan EBITDA yang disesuaikan lima tahapan yang tersisa.

Baca Juga: Tertangkap Uji Jalan, Tesla Cybertruck Mulai Masuk Jalur Produksi?

Komentar