Biaya Turun Mesin Motor: Beda Kapasitas Lain Harga, Begini Perkiraannya

Cesar Uji Tawakal
Biaya Turun Mesin Motor: Beda Kapasitas Lain Harga, Begini Perkiraannya
Ilustrasi turun mesin motor. (16/7).

Jangan sampai rusak, biaya turun mesin motor bisa bikin tekor.

Suara.com - Ketika servis besar pada motor dilakukan, biasanya biaya yang akan diperlukan juga tak sedikit. Pada kasus turun mesin misalnya, Anda harus menyiapkan sejumlah dana yang cukup besar. Kali ini, mari kita sedikit membahas mengenai biaya turun mesin motor, agar Anda bisa memperkirakan biaya yang harus dikeluarkan.

Idealnya motor harus diservis secara berkala, untuk menjaga performanya tetap baik. Di sisi lain, servis juga diperlukan agar dapat mengetahui komponen mana yang sudah habis masa pakainya, sehingga bisa digantikan.

Kerusakan yang terlalu parah bisa memicu kegagalan fungsi, sehingga motor harus turun mesin. Berikut, kira-kira besaran biaya turun mesin yang diperlukan.

Biaya Turun Mesin Motor

Baca Juga: 11 Transformasi Reiner Manopo, Bikin Heboh Gegara Viral Banting Stir jadi Tukang Servis Jok Motor

Ilustrasi mesin motor. (Suara.com/Cesar Uji Tawakal)
Ilustrasi turun mesin motor. (Suara.com/Cesar Uji Tawakal)

Sebenarnya untuk kerusakan ringan, biaya turun mesin hanya mulai dari Rp150.000 saja. Namun untuk kerusakan berat, berikut kira-kira biaya yang diperlukan untuk turun mesin motor.

Untuk mesin motor dengan kapasitas kira-kira 150 cc, maka kira-kira biaya turun mesin akan berkisar Rp750.000 sampai Rp1.000.0000. Cakupannya adalah penggantian set piston motor, biaya bubut yang dilakukan, korter, serta jasa turun mesin yang dibayarkan.

Untuk mesin dengan kapasitas lebih besar, perkiraannya juga akan lebih besar. Sebenarnya semua tergantung dengan perangkat apa saja yang harus diganti dan biaya layanan yang ditetapkan pada setiap bengkel. Jadi, jika motor dengan kapasitas 150 cc biaya demikian, mungkin bisa diperkirakan untuk motor kapasitas 250 cc ke atas.

Sebenarnya jasa yang diperlukan untuk turun mesin tidak besar. Namun mengingat turun mesin motor hanya dilakukan jika terdapat kerusakan yang parah, maka biaya akan lebih besar dialokasikan pada penggantian komponen yang mengalami kerusakan.

Bisa diperkirakan jika semakin mahal komponennya maka semakin mahal pula bukan biaya total turun mesin yang dilakukan?

Baca Juga: Dor! Polisi Tembak Anggota Geng Motor yang Meresahkan di Bandung, Masih Berani Bikin Ulah?

Untuk merawat motor agar tidak lekas turun mesin, kami sarankan untuk melakukan servis secara berkala. Diusahakan, servis yang digunakan adalah layanan servis resmi. Atau mungkin jika Anda memiliki bengkel kepercayaan? Anda juga bisa menggunakan jasa bengkel ini.

Demikian sedikit pembahasan terkait dengan biaya turun mesin motor yang diperlukan. Untuk memastikan harganya, Anda bisa langsung menghubungi bengkel terkait.

Kontributor : I Made Rendika Ardian