facebook

Honda Kembangkan Kendaraan Listrik, Hibur Pasien Anak di Rumah Sakit

RR Ukirsari Manggalani
Honda Kembangkan Kendaraan Listrik, Hibur Pasien Anak di Rumah Sakit
Honda Shogo, mobil listrik mini untuk anak-anak di CHOC Amerika Serikat [Honda Global].

Bisa dikemudikan atau didorong manual, inilah opsi membuat tinggal di rumah sakit lebih nyaman bagi anak.

Suara.com - Honda memperkenalkan kendaraan listrik Shogo, dibuat untuk pasien anak-anak yang dirawat di Rumah Sakit Children's Health of Orange County (CHOC), Amerika Serikat.

Shogo, berasal dari kata Jepang yang berarti "melonjak ke masa depan", dibangun anak-anak berusia 4–9 tahun.

Shogo dapat dikendarai dengan mudah, mekanisme go/stop ada di roda kemudi, dan kecepatan yang dapat disesuaikan antara 1-5 km per jam. Untuk operasional dikendalikan seorang pendamping seperti perawat atau pengasuh. Demikian dikutip dari rilis resmi Honda America.

Hyundai mini EV. (motor1.com)
Senada Honda, Hyundai juga pernah membuat mobil listrik mini untuk anak-anak di rumah sakit (Motor1.com)

Hundy Liu, Manager of National Automobile Advertising, American Honda Motor Co., Inc mengatakan, "Menciptakan Shogo untuk mendukung pasien selama masa pemulihan di rumah sakit telah menjadi bagian dari pekerjaan penuh cinta yang dilakukan tim Honda dengan penuh semangat. Dan kami sangat bangga bisa memperkenalkan Shogo selama musim liburan ini di CHOC."

Baca Juga: Bantu Korban Erupsi Semeru, Divisi 4x4 Rescue dari Komunitas Otomotif DIY ke Lumajang

Sementara Randall Smock, Senior Exterior Designer of Vehicles, American Honda Motor Co., Inc. menambahkan bahwa tujuan nomor satu tim Honda dalam mengembangkan Shogo adalah meringankan ketidaknyamanan tinggal di rumah sakit.

"Caranya dengan memberikan anak-anak kenangan positif yang abadi tentang pengalaman itu. Setiap elemen Shogo dirancang untuk mengakomodasi kebutuhan anak kecil yang berbeda, membuatnya semudah mungkin untuk masuk dan keluar, mudah dikendarai, dan untuk keseluruhan pengalaman membuat mereka lebih bahagia," tambahnya.

Shogo dikembangkan sendiri oleh para insinyur Honda, dan kendaraan listrik ini dirancang khusus bisa diarahkan melintasi lorong rumah sakit untuk mengantar pasien anak-anak.

Dengan mempertimbangkan keselamatan pasien, Shogo dibangun tanpa pintu agar aman dan mudah diakses mereka yang berusia masih kecil.

Baca Juga: Kapolda Metro Jaya Fadil Imran: Akomodasi Balap Liar untuk Temukan Bibit Atlet Otomotif

Shogo juga menyertakan dudukan pilar keempat dan pegangan agar para suster bisa mendorong kendaraan secara manual saat dibutuhkan.

Terdapat pula fitur untuk membuat pengalaman anak lebih nyaman termasuk wadah mainan di depan kendaraan untuk barang-barang yang ingin dibawa anak, tempat gelas, klakson tengah dengan pilihan suara yang berbeda, dan slot pelat nomor yang dapat disesuaikan untuk menampilkan nama masing-masing pengendara.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar