facebook

Jadi Bahasa Gaul Kekinian yang Marak Dipakai oleh Kalangan Bikers Muda, Ternyata Arti Ngabers adalah

Cesar Uji Tawakal
Jadi Bahasa Gaul Kekinian yang Marak Dipakai oleh Kalangan Bikers Muda, Ternyata Arti Ngabers adalah
Ilustrasi pengendara motor. (pixabay.com)

Sudah tahu apa arti ngabers? Simak di sini untuk penjelasannya!

Suara.com - Selalu menarik untuk membahas istilah atau bahasa kekinian yang baru saja muncul. Belakangan, istilah ngabers mencuat ke permukaan. Istilah yang populer di media sosial ini banyak digunakan dalam dunia motor. Tapi apa sebenarnya arti ngabers?

Arti Ngabers adalah

Arti ngabers adalah kaum atau kelompok orang yang memiliki karakter tertentu ketika menaiki motor. Dalam konteks komunitas motor yang sering mengadakan sunmori, terdapat sekelompok orang yang memiliki kebiasaan buruk dalam berkendara.

Ciri golongan atau kelompok ini adalah melakukan modifikasi tanpa mempertimbangkan faktor keamanan dan proteksi diri sendiri sehingga dapat membahayakan orang lain, kemudian berkendara dengan ceroboh dan kurang hati-hati. 

Baca Juga: Ikuti Jejak Rolls-Royce, Beli Motor Ducati Bakal Bisa Custom Sendiri

Kelompok orang seperti ini cukup banyak ditemui di kalangan pemotor, sehingga disebut dengan ngabers. Tapi mungkin Anda belum menemukan korelasinya mengapa orang seperti ini disebut ngabers, kita lanjutkan di bagian berikutnya.

Berasal dari Kata ‘Bang’

Jika ditarik lebih jauh, istilah ngabers berasal dari bahasa yang digunakan di media sosial untuk menyapa orang lain atau orang yang lebih tua. Asal kata yang digunakan adalah ‘bang’ yang kemudian dibalik menjadi ‘ngab’.

Orang yang dipanggil ngab ini tentu adalah orang yang menggunakan media sosial kekinian seperti TikTok. Nah, berawal dari sini, sebutan ngabers kemudian muncul, menjadi sebutan orang-orang yang eksis di media sosial dan sering bertindak mencolok dan dianggap kurang bertanggungjawab.

Ilustrasi motor. (Pixabay)
Ilustrasi motor. (Pixabay)

Tentu saja tak semua pengguna TikTok yang kebetulan adalah rider memiliki perilaku seperti ini. Tak sedikit juga rider yang membuat konten dengan imbauan dan arahan yang baik, sehingga bisa jadin contoh siapa saja yang melihat kontennya.

Baca Juga: Perlu Anda Tahu, Daftar Penyebab Cat Bodi Motor Cepat Memudar

Ngabers: Bahasa Gaul Kekinian

Kini Anda mengetahui apa arti ngabers yang sesungguhnya. Mungkin saja dalam praktek nyata, ada pergeseran makna atau pergeseran penggunaan secara minor. Namun saat artikel ini ditulis, ngabers memiliki arti demikian, seperti yang digambarkan di bagian awal tadi.

Sebenarnya arti kata ngabers adalah sekedar sebutan saja, dan bukan bermaksud mendiskreditkan. Namun kebetulan predikat ini diberikan pada orang-orang yang memang kurang bertanggungjawab saat berkendara, sehingga memiliki kesan menyindir dengan bahasa yang satir.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar