facebook

Periksa dan Rawat Sepeda Motor Setelah Perjalanan Jarak Jauh

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Periksa dan Rawat Sepeda Motor Setelah Perjalanan Jarak Jauh
Jaga kebersihan sepeda motor. Sebagai ilustrasi (Shutterstock).

Perhatikan kondisi pelumas atau oli kendaraan serta berbagai komponen yang mungkin terkena kotoran.

Suara.com - Tradisi mudik menggunakan sepeda motor bagi sebagian orang tetap menjadi sebuah kerinduan. Tak terkecuali dalam arus mudik dan arus balik Lebaran 2022.

Persiapan sebelum berangkat mudik harus dilakukan dengan baik agar meminimalkan kendala selama di perjalanan. Begitu pun setelah kembali, sepeda motor yang telah dikendarai jarak jauh perlu diperiksa agar kondisinya tetap prima saat digunakan kembali untuk beraktivitas sehari-hari.

Menurut Hariadi, Assistant to Service Department Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), langkah pertama yang perlu diperhatikan adalah melakukan pengecekan kondisi rantai-rantai kendaraan maupun CVT untuk kendaraan skutik.

Ilustrasi merawat motor di rumah. (Pexels/Andrea Piacquadio)
Janagn lupa lakukan pengecekan kondisi pelumas (Pexels/Andrea Piacquadio)

Hal lain yang harus dilakukan pengecekan pada saat-saat awal adalah kondisi oli (pelumas). Periksa kondisi volume, kekentalan dan perubahan warna oli.

"Hal ini karena beban kerja mesin dan tentunya oli yang cukup berat selama perjalanan jauh. Segera lakukan pergantian oli apabila dengan berbagai indikator tersebut ada yang bermasalah, termasuk apabila masa pemakaian oli sudah habis," kata Hariadi dalam keterangan tertulis sebagaimana diterima Suara.com.

Baca Juga: Tom Cruise Menunggang Kawasaki Ninja di Top Gun: Maverick, Berikan Dukungan Kepada Para Pegawai Bioskop

Hariadi menyarankan melakukan pemeriksaan atau penggantian terhadap komponen seperti pemeriksaan filter udara dan filter oli, ketebalan kampas rem bagian depan dan belakang, serta area komstir atau kemudi yang berpotensi membuat berkendara tidak nyaman.

"Pemeriksaan suspensi harus dilakukan setelah berkendara melewati jalanan cukup jauh yang tentunya tidak sedikit yang berlubang atau bergelombang. Terakhir, hal yang tidak kalah penting adalah pemeriksaan kondisi ban dengan cara mengecek tekanan ban dan memperhatikan tampilan ban," terangnya.

Jangan lupa kebersihan sepeda motor. Setelah digunakan berkendara dalam waktu dan jarak yang cukup jauh, pastikan sepeda motor bebas dari kotoran seperti debu, tanah, noda, maupun minyak yang menempel di bodi kendaraan.

Baca Juga: Permintaan Tinggi saat Lebaran 2022 Jadi Pendorong Naiknya Penjualan Mobil Astra Periode April

Apabila hal ini dibiarkan dan tidak dicuci atau dibersihkan dengan benar, kotoran tersebut dapat meninggalkan kerak dan mempengaruhi kinerja dan tampilan sepeda motor.

Selain pemeriksaan dan perawatan kendaraan, Hariadi menambahkan agar pengendara selalu ingat untuk merawat riding gear yang telah digunakan.

"Setelah menggunakan sepeda motor untuk bepergian dengan jarak yang cukup jauh, pengendara sering kali lupa melakukan perawatan perlengkapan keselamatan seperti riding gear, agar senantiasa aman dan nyaman ketika digunakan kembali," tutupnya.

Komentar